Pelabuhan Muaro Padang Disulap jadi Maritim Center

Editor: Mahadeva

308

PADANG – PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat, memulai rencena penataan kawasan pelabuhan Muara Padang. Kegiatan tersebut dilakukan dengan investasi Rp40 miliar. Di 2019 ini, ada dana Rp10,8 miliar, yang secara khusus bisa dimanfaatkan untuk membangun Maritim Center atau Pusat Informasi Maritim.

General Manager PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur Padang Armen Amir/Foto: M. Noli Hendra

General Manager PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur Padang, Armen Amir, mengatakan, PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur saat ini terus berbenah, dan telah banyak memiliki kemajuan. Khusus di Pelabuhan Muaro, pihaknya akan melakukan penataan. Direncanakan akan menjadikan Pelabuhan Muaro menjadi sebuah pelabuhan berbasis pariwisata.

“Kita mulai di 2019 ini. Pelabuhan Muaro saya lihat memiliki potensi yang besar sebagai pelabuhan untuk berwisata. Karena di sana jadi pintu masuk tempat wisata juga, Padang – Mentawai, dan Padang – Pesisir Selatan Mandeh,” ungkap Amir, Kamis (21/2/2019).

Menurutnya, pelabuhan seperti di Teluk Bayur pada dasarnya bukanlah tempat wisata. Lebih banyak untuk aktivitas bongkar muat. Namun, Pelabuhan Muaro Padang, bisa disulap menjadi lokasi pariwisata. “Saya melihat rencana ini akan mampu menghadirkan inovasi pariwisata di Kota Padang. Persis lokasinya itu ada di bekas AW Cafe. Di sana setelah dikaji, pas untuk dibangun sebuah Maritim Center,” sebutnya.

Pemerintah Kota Padang menyambut baik rencana tersebut. Wali Kota Padang, Mahyeldi, mengatakan, Pemkot Pdaang akan mendukung rencana yang begitu besar tersebut. Dukungan diberikan dalam bentuk percepatan proses perizinan, sesuai ketentuan yang ada.  “Dalam waktu dekat ini, pembangun kawasan Pelabuhan Muara Padang dan Maritim Center akan segera dimulai setelah dokumen Amdal dan izin lainnya selesai,” ujarnya.

Mahyeldi menyebut, Pelabuhan Teluk Bayur sangat penting artinya bagi kemajuan Kota Padang. Posisi strategis Pelabuhan Teluk Bayur, dapat membantu mewujudkan kerjasama Sister City, di bidang perdagangan yang telah dijalin oleh Kota Padang dengan Kota Fremantle di Australia, kemudian Madinah di Arab Saudi dan juga Chennai di India.

Lihat juga...