Pembelajaran Geografi Harus Hasilkan Karya Inovatif

368

YOGYAKARTA — Pakar pendidikan dari Universitas Negeri Yogyakarta, Prof Mukminan, menyebutkan pembelajaran geografi harus banyak melakukan upaya untuk menghasilkan karya-karya kreatif, inovatif, dan solutif yang disesuaikan dengan perkembangan konsep teknologi pembelajaran.

“Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran geografi sangat membutuhkan peran teknologi pembelajaran,” kata Mukminan dalam pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), di Yogyakarta, Rabu (6/2/2019).

Dalam pidato berjudul “Peran Teknologi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Geografi”, ia mengatakan upaya-upaya itu dari waktu ke waktu membawa konsekuensi pada penciptaan iklim pembelajaran yang mampu menfasilitasi pembelajaran dalam berbagai kondisi dan latar belakang peserta didik, baik secara horisontal maupun vertikal, mudah, dan meluas.

Selain itu juga menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, fleksibel dalam dimensi waktu dan ruang, serta mengembangkan potensi peserta didik secara individual.

“Untuk itulah teknologi pembelajaran secara sengaja dan kreatif dirancang untuk membantu memecahkan permasalahan pembelajaran termasuk pembelajaran geografi,” katanya.

Meskipun demikian, menurut dia, masih banyak masalah yang harus dipecahkan terkait dengan upaya mengimplementasikan peran teknologi pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran geografi, apalagi dikaitkan dengan era revolusi industri 4.0.

Ia mengatakan, upaya itu memerlukan semangat dan sikap intelektual dan ilmiah, kemauan dan kemampuan untuk mencapai kesempurnaan, usaha keras dan sungguh-sungguh dari seluruh komponen terkait, di samping pertukaran ide dan gagasan serta komitmen bersama yang tinggi dari semua komponen terkait.

Dengan implementasi teknologi pembelajaran itu, kata dia, diharapkan upaya meningkatkan kualitas pembelajaran geografi dapat terealisasi dengan baik.

“Melalui pembelajaran geografi yang berkualitas diharapkan pembelajaran geografi bisa turut serta mengantarkan anak-anak bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat di mata bangsanya maupun di mata internasional,” kata Mukminan. (Ant)

Lihat juga...