Pemilu, 224 Pemilih Tambahan Masuk ke Banjarnegara

244
Ilustrasi warga mengecek DPT Pemilu [CDN]

BANJARNEGARA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, menetapkan sejumlah 224 orang masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilu Tahun 2019.

“Daftar pemilih tambahan yang masuk ke Banjarnegara terdiri dari 160 pemilih laki-laki dan 84 pemilih perempuan,” kata Anggota KPU Banjarnegara, Khuswatun Chasanah di Banjarnegara, Senin (18/2/2019).

Daftar pemilih tambahan ini, lanjut dia, tersebar di sejumlah TPS yang ada di Kabupaten Banjarnegara. “Pemilih ini merupakan pemilih yang berasal dari luar Banjarnegara namun memutuskan untuk menggunakan hak suaranya di Banjarnegara pada Rabu 17 April 2019 mendatang,” katanya.

Sementara Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang keluar dari Banjarnegara, kata dia, berjumlah 679 orang. “Pemilih tersebut berasal dari wilayah Banjarnegara yang memutuskan menggunakan hak suaranya di luar Banjarnegara sehingga mengajukan permohonan pindah memilih,” katanya.

Dia mengatakan, terkait hal tersebut, KPU Banjarnegara telah mengadakan rapat pleno terbuka penetapan daftar pemilih tambahan( DPTb). “Jumlah daftar pemilih tetap yang tercatat di KPU Banjarnegara sekarang ini adalah 783.735 orang,” katanya.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banjarnegara, kata dia, terus mengintensifkan sosialisasi tahapan Pemilu 2019 kepada seluruh masyarakat di wilayah tersebut. “Sosialisasi terus dilakukan secara intensif tujuannya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu dan Pilpres 2019,” katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya juga menggencarkan sosialisasi ke sekolah-sekolah dengan sasaran pemilih pemula. “Tujuannya adalah menjaring partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu dan Pilpres 2019,” katanya.

Selain itu, kata dia, KPU Banjarnegara juga menggandeng kelompok-kelompok masyarakat dan organisasi dalam kegiatan sosialisasi. “Kami berharap dengan sosialisasi yang intensif maka partisipasi masyarakat akan sesuai target yang diharapkan,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya juga terus melibatkan relawan demokrasi wilayah Banjarnegara dalam melakukan sosialisasi ke masyarakat. (Ant)

Lihat juga...