hut

Pemkab Lamsel Gelar Pelayanan Umum di Natar

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, melalui sejumlah organisasi perangkat daerah, menggelar sejumlah pelayanan umum kepada masyarakat, di antaranya pelayanan akseptor keluarga berencana (KB) serta pelayanan kesehatan umum.

Pelayanan satu hari dengan proses cepat tersebut, diberikan bagi masyarakat di Kecamatan Natar, yang secara geografis jauh dari ibukota Lamsel, Kalianda.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan musyawarah rencana pembangunan kecamatan (Musrenbangcam), pada awal 2019.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, menyebut sejumlah OPD yang terlibat antaranya lain, Dinas Kesehatan, BKKBN, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik dan Kartu Keluarga (KK) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Pada kegiatan musrenbangcam awal tahun ini, diawali di kecamatan Natar, langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya perekaman langsung sekaligus pembuatan KTP elektronik,” terang Nanang Ermanto, di kecamatan Natar, Senin (11/2/2019).

Selain itu, juga layanan perubahan KK dan pembuatan akta kelahiran. Ia menyebut ,pelayanan juga diberikan kepada pemilik hewan ternak berupa pemberian vaksin hewan ternak, seperti kerbau, sapi, kucing dan anjing, untuk pencegahan sejumlah penyakit.

Nanang Ermanto bahkan berkesempatan melakukan penyuntikan vitamin pada hewan yang dibawa oleh masyarakat, pada kegiatan musrenbangcam di Desa Relungsari tersebut.

Nanang Ermanto menyebut, dana yang dikucurkan Pemkab Lamsel untuk Kecamatan Natar terbagi dalam sejumlah bidang. Pada bidang infrastruktur, dana yang dialokasikan sebesar Rp23.161.680. Bidang Pendidikan Rp15.011.017.200.

Lalu, bidang penelitian dan pengembangan Rp81.256.684. Bidang Kesehatan Rp350.000.000. Bidang Ketahanan Pangan Rp84.340.000,  bidang Koperasi dan UKM Rp45.000.000, dan Bidang Perdagangan dan Perndustrian Rp149.003.733.

Bidang Perumahan dan Pemukiman Rp1.518.356.000, bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Rp192.817.590, sehingga total keseluruhan dana yang dikucurkan di Kecamatan Natar Rp78.719.369.899.

Alokasi dana tersebut disebutnya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Lamsel dan Dana Dana Alokasi Khusus (DAK). Terjadi peningkatkan 6,91 persen dari tahun sebelumnya.

Nanang Ermanto mengatakan, pembangunan di wilayah Kecamatan Natar tidak lepas dari perjuangan para wakil rakyat dari wilayah tersebut.

Ia mengajak masyarakat untuk ikut membangun kecamatan Natar, sebagai bagian dari kabupaten Lamsel untuk menuju kesejahteraan, berdaya saing, mandiri dan berakhlak mulia.

Nanang Ermanto juga menekankan kepada forum musrenbangcam, untuk benar-benar menyerap aspirasi masyarakat. Musrenbang  tingkat Kecamatan hendaknya tidak hanya dijadikan sekadar melaksanakan tahapan-tahapan proses perencanaan pembangunan. Tetapi, bisa dijadikan satu-satunya forum yang tertinggi dalam menjaring aspirasi masyarakat.

“Kesimpulan yang dihasilkan dari musrenbang, benar-benar merupakan kumpulan kegiatan yang akan menjadi acuan untuk penyusunan program, kegiatan pembangunan yang akan datang,” bebernya.

Pada kegiatan musrenbangcam Natar yang digelar di Desa Relung Sari, juga dihadiri Sekertaris Daerah Fredy, SM, Anggota DPRD dapil Natar, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Fokorpimcam Natar.

Seusai melakukan kegiatan Musrenbangcam dan meninjau pelayanan kepada masyarakat oleh sejumlah OPD, Plt. Bupati Lamsel meninjau langsung sejumlah usulan pembangunan infrastruktur pada tahun anggaran 2019 di kecamatan Natar.

 

Lihat juga...