Pemprov Dukung Kejati DKI Mewujudkan Zona Integritas

Editor: Mahadeva

247

JAKARTA – Birokrasi di Ibu Kota Jakarta harus bebas dari budaya korupsi. Wilayah birokrasi harus bersih dalam melayani masyarakat. Hal tersebut menjadi komitmen yang dimunculkan dalam apel Zona Integritas yang digelar jajaran Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) DKI Jakarta, Senin (25/2/2019).

“Kita sama-sama menginginkan Ibu Kota benar-benar menjadi wilayah bebas korupsi dan wilayah yang birokrasinya bersih melayani, ini adalah pencanangan yang kita dukung,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Senin (25/2/2019).

Anies mengaku mendukung aparat penegak hukum, untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Pemprov DKI Jakarta disebutnya, juga mencanangkan kedua program tersebut. “Kita harap, dengan apel yang digelar Kejati, akan memotivasi seluruh institusi yang ada di ibu kota, agar yang ada di ibu kota ini bebas dari korupsi,” tandas Anies lebih lanjut usai Apel Zona Integritas yang digelar jajaran Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jakarta, Warih Sadono, menyebut, pencanangan zona integritas semata-mata untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan. “Tujuan digelarnya apel ini, adalah agar kita melakukan perbaikan di sektor pelayanan publik, sekaligus peningkatan kinerja guna memberikan pelayan kepada masyarakat pencari keadilan,” tandas Warih.

Apel kali ini menjadi komitmen kejaksaan, untuk bebas dari korupsi di sektor pelayanan publik. Sekaligus meningkatkan kinerja kejaksaan. “Jadi pagi ini pencanangan kejaksaan didukung bapak Gubernur dan jajaran semua stakeholder untuk membangun zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih,” jelasnya.

Pelepasan burung dalam apel Zona Integritas di DKI Jakarta, Senin (25/2/2019) – Foto Lina Fitria

Zona Integritas merupakan sebutan atau predikat, yang diberikan kepada kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen mewujudkan WBK dan WBBM. Upayanya, bisa melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Karena itu, kejaksaan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), menandatangani komitmen bersama membangun Zona Integritas. “Kejaksaan didukung pak gubernur dan jajaran, dan stakeholder, untuk membangun menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani,” imbuh Warih.

Apel diikuti oleh jajaran kejaksaan di wilayah Jakarta dari Kejaksaan Negeri dan Kejaksaan Tinggi. Mereka bersama-sama membacakan ikrar untuk membangun WBK dan WBBM. Penandatanganan komitmen antara Anies Baswedan dan Kepala Kejati DKI Warih Sadono, serta pimpinan instansi lain. Kegiatan juga diikuti pelepasan burung merpati putih, sebagai simbol instansi yang terlibat tidak akan berkhianat dengan janji yang dibuat.

Lihat juga...