Pemprov Dukung Pengembangan Unkrit

201
Ilustrasi - Foto: Dokumentasi CDN

PALU – Pemprov Sulawesi Tengah mendukung langkah pengembangan Universitas Kristen Tentena (Unkrit) di Kabupaten Poso. Lembaga pendidikan tersebut, dibutuhkan untuk memajukan daerah tersebut.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Moh Hidayat Lamakarate, menyebut, Universitas Kristen Tentena harus terus dikembangkan. Keberadaanya, untuk memberikan pendidikan karakter dan menjaga perdamaian serta meningkatkan kualitas manusia Indonesia.

“Kita berharap, universitas ini dapat berkembang seperti universitas lain di Indonesia, seperti Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga,” ucap Hidayat, saat berkunjung ke Universitas Kristen Tentena, Kamis (21/2/2019).

Dalam kunjungan tersebut, Hidayat diterima oleh Ketua Yayasan Universitas Kristen Tentena, Ones Lagaranda, didampingi Rektor, Ambisius Andi Baso, dan Warek I, Dr Adriani Tobondo, serta sejumlah Pengurus Yayasan Universitas Kristen Tentena.

Unkrit dipandang perlu memiliki dan menonjolkan ciri khas tersendiri, agar dapat menjadi motor penggerak, sekaligus daya tarik minat masyarakat untuk kuliah di lembaga tersebut. Hidayat menyebut, Pemprov Sulawesi Tengah akan mendukungan rencana pengembangan Unkrit. Masyarakat, diminta dapat ikut mewujudkan Tentena menjadi Kota Wisata, yang memiliki daya tarik untuk dikunjungi wisatawan mancanegara. Karena itu, masyarakat perlu menjaga kebersihan kota, meningkatkan keramah-tamahan, dan menata keindahan kota. Salah satu caranya, dengan menanam bunga-bunga di pekarangan rumah.

Ones Lagaranda menyebut, pesan Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla, Unkrit ke depan harus berkembang seperti Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Oleh karenanya, Unkrit memiliki karakteristik khusus, dengan jurusan yang spesifik daerah. Oleh karenanya, diharapkan dukungan dari pemerintah provinsi, dalam upaya pengembangan Unkrit dan pengembangan Kota Tentena menjadi Kota Wisata.

Rektor Unkrit, Amosius Andi Baso, menyebut, dibentuknya Unkrit untuk menangani gejolak dan pendidikan. Perdamaian menjadi icon perguruan tinggi itu. Unkrit juga mengajarkan tentang kerukunan dan pendidikan karakter. Saat ini jumlah mahasiswa di Unkrit ada 672 orang. (Ant)

Lihat juga...