hut

Penambangan Liar di Alur Sungai Bangka Tengah, Ditertibkan

SUNGAISELAN — Kepolisian sektor Sungaiselan, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menertibkan aktivitas penambangan bijih timah ilegal di alur sungai.

“Ada beberapa ponton apung rajuk (alat pengeruk bijih timah) yang beroperasi di daerh aliran sungai itu, semuanya kami tertibkan karena mereka jelas beroperasi secara ilegal,” kata Kapolsek Sungaiselan, Iptu Mulya Sugiharto di Sungaiselan, Rabu (6/2/2019).

Pihaknya juga mengamankan sejumlah penambang bijih timah tersebut dan memberikan peringatan keras sebelum dibawa ke jalur hukum.

“Kami melakukan langkah penertiban dan memberikan peringatan. Mereka kami berikan batas waktu untuk membongkar semua alat tambang mereka,” ujarnya.

Ia mengatakan, aktivitas penambangan bijih timah di kawasan sungai atau daerah aliran sungai tidak dibenarkan dan itu melanggar undang-undang.

“Justru itu, ketika kami mendapatkan laporan langsung anggota bergerak menyisir titik lokasi penambangan bijih timah ilegal tersebut,” ujarnya.

Ia menegaskan, jika setelah ditertibkan warga masih tetap membandel dan kucing-kuncingan, maka pihak kepolisian akan menangkap mereka dan diproses secara hukum.

“Kami tidak main-main, kami bertekad bersih dari aktivitas penambangan bijih timah dan akan terus ditertibkan,” ujarnya pula. (Ant)

Lihat juga...