Penanganan Hama Lembing Cepat, Lahan Sawah di Lamsel Pulih

Editor: Mahadeva

234

LAMPUNG – Serangan hama lembing hitam yang menyerang hektaran lahan padi sawah di Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan (Lamsel) dapat ditangani dengan cepat.

Yanto, salah satu petani di Desa Pasuruan menyebut, hama lembing hitam atau lembing batu (Scotinophara coarctata), membuat tanaman padi miliknya berwarna kuning dan layu. Hama lembing hitam menghisap batang padi usia muda, sehingga tanaman padi berpotensi mengalami hambatan pertumbuhan.

Petani memulihkan tanaman padi yang terserang hama lembing, dengan memasang lampu penerangan di malam hari. Juga dilakukan pemembasmian dengan insektisida kontak, menggenangi sawah dengan air, membuat perangkap, dan memeriksa setiap batang padi.

“Petani sempat putus asa, karena sebagian besar tanaman padi yang terserang hama lembing sudah berwarna kuning dan layu, tetapi kami saling bertukar informasi cara penanganan lembing hingga tanaman padi kami bisa kembali pulih,” terang Yanto saat ditemui Cendana News, Senin (11/2/2019).

Salah satu langkah efisien yang dilakukan adalah dengan menggenangi sawah dengan air. Cara tersebut ampuh diterapkan pada tanaman padi berusia sekira 25 Hari Setelah Tanam (HST). Tanaman padi yang diserang lembing, biasanya dalam kondisi tidak tergenang air. Akibatnya hama dapat bersembunyi di pokok batang padi, dan menghisap batang padi muda.

Hal tersebut, berimbas batang dan daun berubah menjadi kekuningan dan layu. Setelah penanganan hama berhasil dilakukan, petani memupuk SP-36 dan Urea, untuk merangsang pertumbuhan batang dan daun. Pemupukan untuk memulihkan kondisi tanaman.

Suwondo, petani lain yang lahannya juga diserang lembing menyebut, dari sepuluh petak, hanya lima petak sawah yang terserang lembing. Petak sawah yang aman dari serangan hama karena kondisinya tergenang air. Meski hinggap pada tanaman, karena lembing tidak bisa menjangkau pokok batang sebagai tempat bertelur, lembing pindah ke tanaman padi lain.

Penanganan penyemprotan insektisida pada pokok batang padi, membuat hama lembing bisa dibasmi. “Selain penyemprotan dengan insektisida langkah efesien memeriksa setiap batang padi dan menggenangi lahan sawah dengan air agar lembing tidak berkembang biak,” beber Suwondo.

Giyono berharap, setelah serangan hama lembing, padi miliknya bisa menghasilkan bulir. Pemberian obat perangsang buah, dilakukan menjelang masa pembuahan atau meratak. Memasuki proses pemupukan tahap kedua, juga ditambahkan pupuk kandang.

Lihat juga...