Pengunjung Gedung Parkir Klandasan Naik 15 Persen

Editor: Mahadeva

199

BALIKPAPAN – Operasionalisasi shuttle car untuk memfasilitasi pemilik kendaraan yang parkir, pengunjung Gedung Parkir Klandasan (GPK) mengalami kenaikan kunjungan 15 persen.

Kepala UPT Pengelolaan Parkir Dinas Perhubungan Balikpapan, Hikmatullah Hardian – Foto Ferry Cahyanti

Kendaraan shuttle car, melayani dari SMAN 1 Balikpapan dan perkantoran di sepanjang Kawasan Tertib Lalulintas (KTL), Jalan Jenderal Sudirman, mulai kantor pemkot, bank, dan kawasan di sekitarnya. “Sejak adanya shuttle car, ada peningkatan parkir di GPK, naik sekitar 10 sampai 15 persen, terutama pada hari kerja,” jelas Hikmatullah Hardian, Kepala UPT Pengelolaan Parkir Dinas Perhubungan, saat ditemui di Gedung Parkir Klandasan, Rabu (13/2/2019).

Ia menyebut, target retribusi parkir GPK di 2019 mencapai Rp500 Juta. Target itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya sebesar Rp300 juta. “Kalau target gedung pertemuan di 2019 ini, Rp 250 juta. Kami juga sudah ada kas masuk lagi dari kios-kios yang sewa. Jadi sekarang ada tiga sumber pendapatan yang masuk dari GPK,” paparnya.

Hikmatullah mengatakan, saat weekend tidak sedikit yang parkir di GPK. Hal itu terbantu oleh banyaknya kegiatan yang dilaksanakan di GPK, seperti acara pernikahan. “Gedung pertemuan sudah banyak dipesan untuk acara-acara. Rata-rata ada delapan acara per-bulan, yang sudah melakukan booking hingga April,” sebutnya.

Sementara itu, rencana sosialisasi terhadap orang tua yang menjemput, agar menunggu di gedung parkir, masih belum dilakukan. “saat ini kami masih konsentrasi terhadap siswa yang membawa kendaraan dan parkir di bahu jalan kawasan pelajar atau Jalan Kapten Piere Tendean, Gunung Sari Ilir,” tandasnya.

Yang dilakukan adalah sosialisasi, sehingga masih bersifat persuasif, dan belum ada tindakan seperti penilangan ataupun penderekan mobil yang parkir sembarangan. “Kalau masih ada kedapatan pelanggar pasti kami melakukan peneguran dengan tempel stiker di mobil,” ujarnya.

Baca Juga
Lihat juga...