hut

Perpusda Balikpapan Butuh Buku Keterampilan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

BALIKPAPAN — Upaya menambah referensi buku di Perpustakaan Daerah milik Pemerintah Kota Balikpapan terus dilakukan. Dimana pada akhir 2018 perpustakaan telah menambah sedikitnya 4 ribuan buku dan 2 ribu di antaranya referensi digital.

Heri Misnoto, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Balikpapan, Heri Misnoto. Foto: Ferry Cahyanti

Pengadaan buku di 2018 itu, Pemerintah Kota menganggarkan sebesar Rp600 juta. Sedangkan tahun ini, pihak perpustakaan belum ada rencana penambahan. Namun akan mendapatkan 9 ribu buku dari Perpustakaan Nasional.

“Buku yang akan datang adalah yang sesuai asesmen kita atau buku yang dibutuhkan masyarakat. Yang sangat diperlukan masyarakat adalah mengenai keterampilan dan peningkatan pengetahuan,” terang Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Heri Misnoto.

Misi dari perpustakaan juga sudah dilakukan sosialisasi. Bukan hanya sebagai tempat membaca, namun juga berbasis inklusi.

“Kalau kita melihat masyarakat bukan hanya datang untuk membaca saja. Tapi melalui yang dibaca, mereka dapat melakukan sesuatu yang produktif dan menjadikan lifeskill untuk meningkatkan taraf kesejahteraan mereka,” ucap pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pasar, Kamis (14/2/2019).

Saat ini di Perpustakaan Daerah Balikpapan sudah memiliki kira-kira 34 ribu judul buku. Untuk jumlah eksemplarnya kira-kira ada seratus ribuan. Sementara, untuk e-book yang tersedia di iBalikpapan ada 5 ribuan judul.

“Pengunjung yang datang untuk membaca maupun pinjam buku ada sekitar 400-an dalam sehari. Rata-rata adalah pelajar dan mahasiswa. Adanya e-book juga tak pengaruhi jumlah pengunjung yang datang, karena itu literasi buku terus kami tambah,” ujar Heri Misnoto.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!