hut

Pesisir Selatan Waspadai 11 Muara Potensi Terjadi Banjir

Editor: Makmun Hidayat

PESISIR SELATAN — Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air ( PSDA ) setempat menyebutkan ada 19 sungai besar, berada di 15 kecamatan, dan 11 pintu muaro rata-rata memiliki potensi sebagai banjir, saat hujan turun dengan intensitas tinggi.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni – Foto: M. Noli Hendra

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, mengatakan sebagian besar ruas sungai di Pesisir Selatan juga cukup kritis. Kondisi ini jelas mengancam keselamatan jiwa warga yang masih mendirikan bangunan di bibir sungai.

Sementara untuk penanganan aliran sungai yang kritis itu, setidaknya dibutuhkan biaya sebesar Rp 200 miliar. Sebab aliran sungai yang kritis ini tersebar di 19 batang aliran sungai, dan melewati 15 kecamatan yang ada.

“Karena aliran yang cukup tajam serta juga berbelok itu, maka dalam waktu singkat alirannya bisa meluap, terutama sekali ketika terjadi hulu sungai,” katanya, Senin (4/2/2019).

Untuk itu, ia menyebutkan perlu upaya penanganan sejak dari hulu, supaya persoalan yang demikian tidak mengancam masyarakat. Hendrajoni berharap perlu ada kerjasama dengan masyarakat, agar keinginan untuk menciptakan lingkungan yang aman, perlu saling bergandengan tangan.

Menurutnya, di Pesisir Selatan termasuk salah satu daerah di Sumatera Barat yang memiliki banyak daerah aliran sungainya. Tak jarang juga, cukup banyak muara yang bisa ditemui di kawasan Pesisir Selatan. Apalagi daerahnya sebagian besar berada di sepanjang pantai Samudera, membuat risiko tersendiri, apabila tidak ditangani dengan baik.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan, Herman Budiarto, mengakui bahwa ancaman banjir yang ditimbulkan oleh luapan sungai, sangat berpotensi terjadi di daerah Pesisir Selatan.

Menurutnya, hal tersebut terjadi mengingat kondisi sungai di Pesisir Selatan rata-rata aliran sungainya cukup tajam karena memiliki kemiringan cukup tinggi. Bahkan pada beberapa titik juga telah terjadi pendangkalan dan belokan.

“Dari data yang kita miliki saat ini apabila ditotal jumlah penduduk yang terancam keselamatanya akibat luapan sungai di Pesisir Selatan mencapai 16 ribu kepala keluarga (KK). Mereka yang terancam ini adalah yang mendirikan bangunan di sepanjang bantaran sungai,” katanya.

Ia menilai agar kebiasaan mendirikan bangunan di sepanjang bantaran sungai ini bisa dihilangkan, sehingga BPBD Pesisir Selatan bersama pihak terkait lainya terus melakukan imbauan dan sosialisasi.

Menurutnya, sosialisasi dilakukan dengan cara menyampaikan langsung ke masyarakat yang tinggal disepanjang daerah aliran sungai. Alasannya, kawasan itu juga merupakan sebuah ancaman bagi masyarakat itu sendiri, yang mendirikan bangunan dekat dari sungai.

Ia mengaku tidak dapat dipungkiri cukup banyak sungguh di Pesisir Selatan yang terjadi abrasi tebing yang menyebabkan pembelokan di sungai berubah, dan membuat pendangkalan di sungai tersebut.

“Kondisi itu akan terjadi apabila aktivitas hujan yang cukup sering turun, dan membuat volume air jadi meningkat serta membuat arus air sungai jadi lebih deras. Sehingga tikungan air yang ada itu diterjal, dan terjadilah abrasi tebing sungai,” sebutnya.

Herman menyatakan salah satu aspek yang kerap kali dilupakan berkaitan dengan terjadinya banjir di satu kota adalah banjir itu sangat berkaitan erat dengan kesatuan wilayah yang disebut dengan daerah aliran sungai.

Dia berkata, apabila masalah utama suatu daerah aliran sungai adalah kerawanan terhadap banjir, maka teknik yang dapat ditempuh adalah dengan mengusahakan agar air lebih banyak meresap ke dalam tanah di hulu dan di bagian tengah daerah aliran sungai.

“Usaha ini dapat ditempuh dengan menanam pohon dan/atau dengan tindakan konservasi sipil teknis seperti pembuatan sumur resapan, rorak dan sebagainya,” jelasnya.

Selain itu, apabila yang menjadi masalah daerah aliran sungai adalah tingginya sedimentasi di sungai, maka pilihan teknik konservasi yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki fungsi filter dari daerah aliran sungai.

Lihat juga...