Petugas Perbatasan Amankan 21 Kg Vanili Asal PNG

198
Ilustrasi [ITH]

JAYAPURA — Satgas Yonif 328/DGH, mengamankan 21 kg vanili asal Papua Nugini (PNG) serta lima WNA PNG yang masuk wilayah RI tanpa dokumen.

Mereka diamankan saat melintas di depan Pos Pitewi, Kabupaten Keerom, Minggu (3/2) sekitar pukul 17.45 WIT, kata Komandan Yonif 328 DGH Mayor Inf Erwin Iswari di Jayapura, Senin (4/2/2019).

Dikatakan, dari laporan, vanili tersebut gagal diselundupkan ke Jayapura setelah Serda Fathkur Rohman yang melaksanakan pemeriksaan rutin terhadap kendaraan yang lewat di depan Pos Pitewi, termasuk kendaraan dengan Nopol 1882 AN.

Saat diperiksa ternyata kendaraan tersebut mengangkut vanili dan lima Warga PNG yang tidak memiliki dokumen keimigrasian.

Kelima WNA asal PNG itu masing masing E (50 Th), L (15 Th), B (21 Th), T (22 Th) dan D (21 Th) juga tidak memiliki kartu lintas batas tradisional, kata Erwin.

Danyon 328 mengatakan, dari keterangannya mereka mengaku akan menjual vanili ke Jayapura dan setelah menjualnya akan balik ke PNG.

Sebelumnya, yakni pertengahan Desember 2018 anggota yonif 328 berhasil amankan 140-an kg vanili, kata Erwin seraya menambahkan, saat ini 21 kg vanili masih diamankan sedangkan lima wn PNG sudah diserahkan ke imigrasi.

Untuk lima WNA PNG sudah diserahkan ke Imigrasi Jayapura untuk diproses lebih lanjut, kata Mayor Inf Erwin. [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...