Pochettino Sumringah Satu Kaki Spurs di Perempat Final

Editor: Makmun Hidayat

156

LONDON — Sanjungan dilontarkan manajer Tottenham Hotspurs, Mauricio Pochettino, terhadap anak asuhnya usai menumbangkan Borussia Dortmund dengan skor 3-0 di Wembley. Poch menyebut seluruh anak asuhnya adalah pahlawan.

Kemenangan di leg pertama babak 16 besar Liga Champions membuka peluang The Lilywhites maju ke fase berikutnya. Sebab, dengan modal kemenangan 3-0 melalui gol yang dicetak Heung-Min Son, Jan Vertonghen dan Fernando Llorente membuat tim asal London itu telah memijakkan satu kaki di babak perempat final.

Bagi Spurs kemenangan ini juga begitu penting karena sekali lagi mereka membuktikan bisa meraih hasil positif kendati tidak diperkuat dua pemain bintangnya, Harry Kane dan Dele Alli yang harus absen akibat cedera. Karnanya sanjungan layak diberikan bagi skuad Spurs. Walau pun Poch mewanti-wanti anak asuhnya tidak jumawa.

“Dengan semua kondisi yang kami alami, tim bermain fight dan tim meraih hasil yang baik. Saya sangat bangga dengan hasil itu. Semua pemain saya adalah pahlawan,” puji Pochettino seperti dikutip Sports Mole.

Tak lupa Pochettino mengingatkan anak asuhnya bahwa perjuangan tim belum terhenti. Tim masih harus berusaha keras di leg kedua kendati menang di leg pertama. Sebabnya karena lawan bukan tim sembarangan yang bisa dengan mudah ditaklukkan.

“Ini baru leg pertama dan ini baru separuh jalan. Skor 3-0 adalah hasil yang bagus tapi saat Anda meladeni tim seperti Borussia Dortmund maka Anda tetap harus respek dan memikirkan cara untuk menang di markas mereka,” katanya lagi.

“Sekarang kami cukup senang karena meraih hasil bagus, tapi masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memastikan lolos perempat final,” sambungnya.

Pada laga yang berakhir Kamis pagi, Heung-Min Son membuka keunggulan Spurs saat laga babak kedua berjalan dua menit. Berawal dari aksi Vertoghen, Son melepas tembakan voli dan berbuah gol kesembilannya sepanjang karir kontra Dortmund.

Spurs baru bisa menggandakan skor menit 83. Menyambut umpan silang Serge Aurier, Vertonghen melepas tembakan voli melewati Roman Buerki. Tiga menit berikutnya giliran Fernando Llorente yang baru masuk dua menit menggantikan Lucas Moura.

Berawal dari eksekusi sepak pojok yang dilepas Christian Eriksen, Llorente menyambut bola dengan sundulan kepala dan mendarat mulus di pojok gawang Buerki sekaligus menutup laga dengan keunggulan 3-0.

Baca Juga
Lihat juga...