hut

Polrestro Bekasi Kota, Siagakan Polisi RW

Editor: Mahadeva

Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Eka Mulyana – Foto M Amin

BEKASI – Polres Metro Bekasi Kota, menyiagakan Polisi RW. Yaitu, polisi yang ditempatkan disetiap Rukun Warga (RW) di setiap Polsek di Kota Bekasi, Jawa Barat. 

Polisi RW, bertugas membantu mengajak peran aktif masyarakat menjaga wilayah pemukimannya. “Semua Polisi RW, merupakan anggota Polrestro Bekasi Kota, yang diperbantukan disetiap RW di Kota Bekasi,” kata Waka Polres Metro (Polrestro) Bekasi Kota, AKBP Eka Mulyana, Senin (11/10/2019).

Polisi RW, bukan berarti anggota yang ditugaskan di masing-masing RW harus setiap waktu berada di lokasi. Melainkan, petugas yang lebih aktif berkunjung ke RW tempat ditugaskan, untuk menjaga kondisi keamanan wilayah.

Polisi RW akan secara rutin berkunjung menjalin silaturrahmi ke tokoh masyarakat setempat. Mereka, juga akan mendeteksi sejak dini, kejadian di lingkungan tugasnya. Mereka juga bertugas menyosialisasikan pelayanan dan tugas pengayom masyarakat. “Kita sudah meminta agar anggota yang ditugaskan di RW dapat lebih aktif lagi. Mencari informasi dari masyarakat terutama soal tawuran agar dapat dicegah,” ungkap Eka Mulyana.

Eka menyebut, setiap anggota Polrestro Bekasi Kota, yang ditugaskan disetiap RW yang ada di Kota Bekasi, berjumlah sekira 500-an orang lebih. Adapun polisi yang ditugaskan menjadi Polisi RW, pangkatnya mulai dari Ipda sampai Aipda. Terkait kerap terjadinya tawuran antar pelajar atau geng di Kota Bekasi, Eka Mulyana, meminta peran aktif masyarakat untuk memberi informasi ke Polisi. Ia mengakui, bahwa informasi petugas masih terbatas.

“Polrestro Bekasi Kota memiliki tim cyber, yang memantau perkembangan media sosial, tetapi tentu masih terbatas. Maka warga masyarakat yang tergabung dalam grup tertentu, dan mengetahui adanya penipuan atau rencana tawuran, dapat melapor secepatnya ke polisi,” tandasnya.

Lihat juga...