hut

PORSENI PAUD Denpasar Diharap Tingkatkan Mutu Guru

Editor: Koko Triarko

DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar, melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (Disdikpora) Kota Denpasar, menggelar Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan se-Kota Denpasar 2019.

Bunda PAUD Kota Denpasar, Selly Dharmawijaya Mantra, menjelaskan, melalui Porseni PAUD Kecamatan se-Kota Denpasar 2019, kita tingkatkan profesionalisme pendidik serta kreativitas peserta didik, dalam mewujudkan Denpasar Bestari, yakni berwawasan budaya, peduli, kreatif, cerdas, berbudi pekerti.

Selly Mantra menegaskan, Porseni PAUD Kecamatan se-Kota Denpasar ini, sangat strategis untuk meningkatkan bakat dan minat anak terhadap kegiatan-kegiatan olah raga dan seni. Kedua, menumbuhkan semangat kompetisi dan sportivitas anak sejak dini, serta mengembangkan bakat dan keterampilan serta kompetensi guru dan tenaga kependidikan PAUD.

Maka itu, Selly Mantra mengharapkan, dari kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas PAUD di Kota Denpasar. Juga diharapkan menjadi sarana sosialisasi berbagai program PAUD kepada masyarakat menuju PAUD berkualitas di Kota Denpasar.

‘’Jika PAUD yang berkualitas dapat tersedia untuk setiap anak, artinya kita menyediakan tempat yang aman bagi setiap anak untuk tumbuh dan belajar, memberikan titik awal yang mereka butuhkan untuk berhasil di sekolah, dan menjadi angkatan kerja dengan penghasilan tinggi, serta membangun keluarga yang stabil pada masanya nanti,’’ tegas Selly Mantra, saat ditemui di Aula SPNF SKB Kota Denpasar Senin, (11/2/2019).

Selly menambahkan, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga terus memperkuat kerja sama dengan berbagai mitra, dalam rangka perluasan dan peningkatan kualitas layanan PAUD. Layanan PAUD berkualitas merupakan pondasi penting dalam penyiapan generasi berkualitas.

“Karena itu, dalam PAUD berkualitas sangat bergantung pada guru dan penyelenggara PAUD yang profesional. Guru PAUD harus terlatih dengan baik dalam hal strategi pembelajaran, yakni pedagogik dan pengetahuan berkaitan dengan perkembangan fisik, kesehatan, intelektual, emosional, dan spiritual agar anak-anak tumbuh dan berkembang secara menyeluruh,” imbuh istri Wali Kota Denpasar  ini.

Sementara itu, Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdikpora Kota Denpasar, Ni Made Sugiartini, mewakili Kadisdikpora, Kota Denpasar, mengatakan, selain menyambut HUT ke-231 Kota Denpasar, kegiatan ini juga untuk meningkatkan bakat dan minat anak terhadap kegiatan-kegiatan olah raga dan seni, menumbuhkan semangat kompetensi dan sportivitas anak sejak dini, serta mengembangkan bakat dan keterampilan serta kompetensi guru dan tenaga kependidikan PAUD.

“Porseni PAUD tingkat Kecamatan se-Kota Denpasar dilaksanakan dari 11-15 Februari di masing-masing kecamatan, yang diikuti kurang lebih 2.500 peserta. Selain itu, juga diadakan workshop peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan PAUD di masing-masing kecamatan,” pungkasnya.

Lihat juga...