PSS Sleman Datangkan Pemain Spanyol dan Argentina

Editor: Koko Triarko

Alfonso de la Cruz, satu dari dua pemain asing yang diboyong PSS Sleman. -Foto: Sodik

YOGYAKARTA – PSS Sleman akhirnya melengkapi skuat dengan mendatangkan pemain asing sebagai persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2019. Mereka yang direkrut, gelandang bertahan asal Spanyol, Alfonso de la Cruz, dan gelandang serang Argentina, Brian Ferreira.

Alfonso bisa bermain di beberapa posisi. Di klub lama, Selangor FA, pemain berusia 32 ini lebih sering dimainkan sebagai bek tengah. Dirinya pun tak mempersoalkan apakah ditempatkan di belakang atau tengah.

“Sebelumnya, saya bermain sebagai gelandang bertahan. Namun di klub terakhir, saya diturunkan sebagai bek tengah. Saya memang lebih menikmati bermain sebagai gelandang bertahan. Meski demikian, saya tak masalah bila bermain sebagai bek,” kata Alfonso.

CEO PT. Putra Sleman Sembada yang menaungi PSS, Soekeno memastikan bila Alfonso dan Ferreira sudah bergabung dengan tim. Mereka masing-masing mendapat kontrak berdurasi satu tahun.

“Brian sudah sepakat bermain untuk PSS dengan kontrak selama satu tahun. Begitu pula Alfonso, tinggal menyelesaikan detil administrasi,” ujar Soekeno.

Alfonso pada musim lalu bermain bersama duo tim nasional Indonesia, Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn di Selangor FA. Mereka mengantarkan tim menjadi runner up Piala Malaysia 2018.

Menurut Alfonso, kedatangannya ke Indonesia tidak terlepas dari masukan Evan Dimas yang mendorong dia menjajal kompetisi Liga 1. Selain Evan Dimas, dirinya juga mendapat masukan dari Cristian Gonzales.

“Evan Dimas menyarankan saya untuk bermain di Indonesia. Dia bercerita soal sepak bola Indonesia. Ini yang membuat saya tertarik datang ke Indonesia. Saya sesungguhnya sudah mendapat tawaran dari klub Malaysia, namun saya memilih bermain di Indonesia saja,” kata dia lagi.

“Selain dia, Cristian Gonzales juga mendorong untuk bermain di Indonesia. Saya juga sudah bisa beradaptasi dengan cuaca dan makanan Indonesia. Terus terang, makanan di sini selalu pedas,” lanjut Alfonso.

Sementara, Ferreira sesungguhnya sudah lama ditawarkan ke PSS. Hanya, jawara Liga 2 ini tidak segera menindaklanjuti. Akibatnya, eks pemain timnas Argentina U-17 ini bergabung dengan klub Mesir, ENPPI SC.

Namun, ENPPI akhirnya melepas Ferreira setelah kedua belah pihak gagal mencapai kesepakatan. Ferreira yang sempat berada di Mesir selama empat pekan ini pun belum pernah dimainkan di liga. Apalagi, dirinya memang belum didaftarkan sebagai pemain ENPPI.

Lepas dari Mesir, pemain berusia 24 ini langsung terbang menuju Indonesia untuk bergabung dengan PSS.

Lihat juga...