Puluhan Kotak Suara di Kotabaru, Rusak

174
Kotak Suara, ilustrasi -Dok: CDN

KOTABARU – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menemukan puluhan kotak suara rusak saat proses perakitan di gudang logistik.

“Dari 5.700-an kotak suara yang sudah dirakit itu, ada ditemukan lebih 50-an yang rusak,” ujar Ketua KPU Kotabaru, Zainal Abidin, Sabtu (23/2/2019).

Kerusakan itu seperti lubang untuk mengaitkan kabel ties yang tidak utuh dan ada pula kotak suara yang bagian plastiknya berlubang.

“Mungkin karena pemindahan-pemindahan dalam proses distribusi yang menyebabkan kotak suara jadi rusak,” katanya.

Kotak suara yang cacat ini tidak bisa digunakan pada pemilu nanti, sehingga pihaknya harus mengusulkan lagi penambahan kotak suara ke KPU RI.

“Kalau keperluan per TPS sebenarnya cukup, hanya saja ada lagi kotak yang dibutuhkan untuk mengumpulkan formulir saat rekapitulasi di tingkat kecamatan,” terang Zainal.

Ada pun penambahan kotak suara yang diusulkan sebanyak 74 buah. Selain untuk mengganti kotak suara yang rusak, jumlah itu juga mencakup kekurangan kotak suara pada satu TPS yang bertambah, setelah penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dijelaskan Zainal, pengadaan kotak suara dilakukan pada 2018 dengan mengacu data Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Saat itu, TPS di 198 kelurahan dan desa di 21 kecamatan se-Kabupaten Kotabaru berjumlah 1.114 titik.

“Kemudian ada penambahan satu TPS, otomatis kita harus mengajukan juga sesuai kebutuhan TPS itu,” demikian Zainal. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...