Puskesmas di Balikpapan Didorong Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Editor: Mahadeva

181

BALIKPAPAN – Porsi anggaran untuk Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Balikpapan diharapkan dapat ditingkatkan. Hal itu dibutuhkan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan maupun fasilitas yang dimiliki.

Hal itu menjadi harapan untuk merespon banyaknya kelihan masyarakat mengenai pelayanan Puskesmas yang disampaikan ke Komisi IV DPRD Balikpapan. Keluhan itu diterima saat melakukan sidak ke beberapa Puskesmas di kawasan pinggiran. “Yang dikeluhkan itu seperti mereka kelamaan menunggu dan kesal jadinya,” ucap Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan, Mieke Henny, Jumat (22/2/2019).

Dari sidak yang dilakukan, beberapa keluhan yang disampaikan diantaranya, kesiapan dokter, ketersediaan obat-obatan sesuai resep yang diberikan. Masih ditemukan, Puskesmas yang kekurangan obat. “Ketersediaan obat itu sangat penting. Seharusnya, ketika dokter memberikan resep kepada pasien, maka obatnya juga harus ada di apotek Puskesmas,” tandasnya.

Karena itu, Mieke meminta Dinas Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dan pelayanan maksimal. Khususnya pada puskesmas yang berada di kawasan pinggiran. “Anggaran untuk Puskesmas di pinggiran itu mestinya diprioritaskan, karena lokasinya yang jauh dari rumah sakit. Puskesmas merupakan tempat pertolongan pertama pasien sebelum mendapat rujukan. Maka fasilitasnya mesti dilengkapi,” imbuhnya.

Setiap puskesmas mendapat porsi yang berbeda. Akan tetapi diharapkan, Puskesmas di kawasan pinggiran mendapatkan anggaran lebih besar. “Memang tiap puskesmas mendapatkan porsi berbeda, tapi harapannya puskesmas di pinggiran dapat anggaran yang lebih,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...