Safari Kesehatan, Optimalkan Layanan bagi Warga Denpasar

Editor: Satmoko Budi Santoso

DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar terus berupaya mengoptimalkan serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat mulai dari lapisan terbawah secara berkelanjutan.

Kali ini, Dinas Kesehatan Kota Denpasar bersinergi dengan yayasan sosial menggelar kegiatan Safari Kesehatan Keliling. Kegiatan kali ini menyasar masyarakat Desa Sumerta Kelod yang dipusatkan di Banjar Bengkel, Jumat (22/2/2019).

“Selain menjadi sarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat, safari kesehatan ini juga menjadi wadah edukasi untuk menjaga pola hidup sehat bagi masyarakat,” ujar Kepala Puskesmas I Denpasar Timur, dr. Gusti Ayu Herawati.

Kepala Puskesmas I Denpasar Timur dr. Gusti Ayu Herawati sedang memeriksa warga. – Foto: Sultan Anshori

Menurutnya, pelaksanaan Safari Kesehatan kali ini, Puskesmas I Denpasar Timur ikut serta sebagai pemberi pelayanan kesehatan dan juga sebagai penyuluh kesehatan. Seperti pemeriksaan kesehatan mata.

Sementara, YKI Bali dengan pemeriksaan THT dan fisioterapi kepada para lansia dan anak-anak, BPJS Kesehatan mengenai proses pengurusan jaminan kesehatan.

Tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan umum, dalam Safari Kesehatan ini juga memberikan pelayanan pemeriksaan deteksi dini kanker payudara dan kanker mulut rahim.

“Dengan memberikan pelayanan kesehatan, pelaksanaan safari kesehatan juga diharapkan mampu memberikan edukasi, sehingga masyarakat menjadi terbiasa untuk mengecek secara rutin kesehatannya,” ucapnya.

Herawati menambahkan, dalam kegiatan Safari Kesehatan ini, pihaknya mengerahkan tim dengan lengkap.

‘’Dengan adanya Safari Kesehatan ini, kami berharap masyarakat lebih sehat dan lebih tahu pola hidup sehat. Melalui kegiatan ini juga diharapkan mereka bisa mengetahui bagaimana caranya hidup sehat,’’ ujarnya.

Sementara itu, Perbekel Desa Sumerta Kelod, I Gusti Ketut Anom Suardana, mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar karena telah memberikan pelayanan kesehatan langsung ke masyarakat.

Menurutnya, Safari Kesehatan terpadu keliling ini sangat efektif dikarenakan masyarakat bisa datang langsung ke banjar untuk memeriksakan kesehatan. Sekali datang bisa melakukan pengecekan dengan berbagai analisa.

‘’Safari Kesehatan ini sangat membantu kesehatan masyarakat, maka dari itu saya ucapkan terima kasih,’’ ujarnya.

Salah satu warga masyarakat, Dewa Ayu Radha, mengaku sangat senang dilaksanakan kegiatan Safari Kesehatan. Karena masyarakat bisa mengecek kesehatannya secara langsung tanpa harus menunggu lama dan tidak perlu jauh-jauh ke rumah sakit.

‘’Safari ini sangat bermanfaat. Untuk itu saya harapkan Safari Kesehatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan,’’ ujarnya.

Lihat juga...