Singkirkan BATE, Arsenal Melaju ke 16 Besar Liga Eropa

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

239
Sokrtis melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiga Arsenal ke gawang BATE Borisov. Arsenal lolos 16 besar Liga Eropa. Foto: arsenal.com

LONDON — Arsenal berhasil mengembalikan defisit dari laga pertama untuk memastikan tiket 16 besar Liga Eropa dengan mengemas kemenangan 3-0 atas BATE Borisov pada leg kedua yang digelar di Emirates Stadium, Jumat pagi.

Gol bunuh diri Zahar Pokpov yang terjadi di awal-awal laga membuka jalan bagi The Gunner. Sundulan kepala Shkodran Mustafi dan gol dari Sokratis Papastathopoulos membuat Arsenal melenggang dengan keunggulan agregat 3-1.

Menjamu BATE usai kekalahan menyakitkan di leg pertama, Arsenal langsung memberikan tekanan tembakan Alex Iwobi tepat mengenai kiper BATE, Denis Scherbitski. Namun umpan silang yang dilepas Pierre-Emerick Aubameyang tak lama setelahnya coba dihalau Pokpov, sayang bola meluncur ke gawang sendiri.

Alex Iwobi nyaris menggandakan keunggulan Arsenal namun percobaannya masih melebar dari target. BATE enggan menyerah, tim tamu memberi ancaman melalui Stanislaw Dragun, namun beruntung masih bisa dihalau Stephan Lichtsteiner.

Tempo permainan berjalan melambat kendati Arsenal mengontrol jalannya laga. Granik Xhaka nyaris mencetak gol di menit 25 namun masih bisa ditepis Denis Scherbitski. Aubameyang juga mengancam melalui sundulan kepala namun masih belum berbuah gol. Mesut Ozil melepas tendangan voli, tapi masih melambung.

Menit 39, Arsenal menggandakan keunggulan. Berawal dari sepak pojok Xhaka, bola disambut Mustafi dengan sundulan kepala. Bola meluncur cukup keras melewati Denis Scherbitski.

Usai jeda, Arsenal kembali memberikan ancaman melalui Matteo Guendouzi, Iwobi, Henrikh Mkhitaryan. Namun sundulan kepala Mkhitaryan masih melebar. Arsenal terpaksa melakukan pergantian setelah Laurent Koscielny mengalami cedera. Papastathopoulos justru gemilang dan mencetak gol ketiga Arsenal di menit 60 melalui sundulan kepala.

Tiga gol tak menghentikan serangan Arsenal. Lagi-lagi Ozil melepas tembakan voli namun masih melebar. Aubameyang juga mengancam melalui eksekusi bola mati namun masih bisa digagalkan Scherbitski. Skor 3-0 bertahan hingga akhir.

Dinamo agreb juga lolos dengan agregat 4-2 setelah di laga kedua menang 3-0 atas Viktoria Plzen. Sementara Eintracht Frankfurt menang 4-1 atas Shakhtar Donetsk dan unggul agregat 6-3. Napoli jadi tim berikutnya yang melenggang dengan menyingkirkan FC Zuerich, dan Salzburg menyingkirkan Club Brugge.

Valencia menyingkirkan Celtic, dan Villarreal yang diimbangi Sporting CP 1-1 melenggang dengan agregat 2-1. Zenit St Petersburg menyingkirkan Fenerbahce dan Bayer Leverkusen yang ditahan imbang FC Krasnodar harus rela tersingkir karena kalah produktivitas gol tandang.

Baca Juga
Lihat juga...