Situ Rawagede, Destinasi Baru Wisata Alam Kota Bekasi

Editor: Satmoko Budi Santoso

652

BEKASI – Lembaga Swadaya Masyatakat (LSM) Amphibi, di Kelurahan Bojongmenteng, Kota Bekasi, Jawa Barat, secara swadaya membangun fasilitas untuk mendukung program wisata di wilayah tersebut. Situ Rawagede, menjadi tujuan baru untuk menikmati panorama alam bagi warga Bekasi.

Melalui dana swadaya yang dikumpulkan kalangan semuda setempat, saat ini, Situ Rawagede, Bojongmenteng, sudah memiliki fasilitas bermain seperti perahu, beberapa unit bale kambang dan sepeda air, yang siap membawa pengunjung berkeliling danau.

“Semua fasilitas yang tersedia saat ini di Situ Rawagede, Bojongmenteng, hasil swadaya atau kas LSM Amphibi. Belum ada bantuan pemerintah daerah,” kata Ketua Amphibi Bojongmenteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Krisdayadi, kepada Cendana News, Minggu (10/2/2019).

Ketua LSM Amphibi, Krisdayadi. Foto: Muhammad Amin

Upaya swadaya, imbuhnya, dilakukan setiap ada pengajian rutin yang disebut dengan peci keliling. Hasilnya dibuat untuk memperbaiki Situ Rawagede, seperti membuat fasilitas perahu, bale kambang dan tempat selfie.

“Dulu, ini cuma resapan air yang tidak terurus, sampah di mana-mana. Katanya ini mau dijadikan destinasi wisata sama Pemkot Bekasi tapi belum ada tanda-tanda,” jelas Krisdayadi.

Menurutnya, secara bertahap dengan melibatkan anak Kampung Peduli Pencemaran Lingkungan (KPPL) Bojongmenteng, melakukan pembersihan areal Situ Rawagede. Sedangkan hasil dari sewa perahu, bale kambang dan sepeda air, digunakan untuk perbaikan saung atau penambahan fasilitas pendukung lainnya.

Fasilitas di sekitar Situ Rawagede oleh LSM Amphibi, semua memanfaatkan barang bekas seperti ban bekas dipakai untuk tempat selfie dengan latar belakang botol air mineral yang telah tersusun rata.

Dikatakan Krisdayadi, untuk sekali sewa fasilitas seperti perahu sekali jalan, untuk orang dewasa Rp10.000, anak Rp5000,  dan sewa sepeda air Rp20 ribu. Itu untuk dua orang sekali pakai dengan lama 15 menitan.

Situ Rawagede Bojongmenteng, kini mulai ramai dikunjungi setiap akhir pekan – Foto: Muhammad Amin

“Kapasitas perahu sekali jalan, bisa 15-20 orang. Bentuknya seperti raket memanfaatkan drum bekas sebagai pelampung,” jelasnya.

Saat ini, setiap akhir pekan, Sabtu-Minggu, di Situ Rawagede banyak dikunjungi warga sekitar atau pun dari kelurahan lain di daerah Bekasi.

Mereka ingin menikmati suasana air dengan rerimbunan pohon, bisa duduk pula di antara saung yang dibangun oleh para pemuda.

Lihat juga...