hut

SMK Agribisnis Sirajul Huda Loteng, Kembangkan Pertanian Hidroponik

Editor: Makmun Hidayat

LOMBOK TENGAH — Selain mengajari siswa teori dalam ruangan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Agribisnis Pondok Pesantren Sirajul Huda, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Nusa Tenggara Barat juga lebih banyak mengajak siswa praktik bercocok tanam langsung di lapangan.

“Salah satu pola tanam pertanian yang saat ini sedang dikembangkan santri SMK Agribisnis adalah tanam pertanian dengan pola tanam hidroponik” kata guru pembina praktik lapangan SMK Agribisnis Ponpes Sirajul Huda, Nurudin, Senin (4/1/2019).

Nuruddin, guru dan pembina santri SMK Agribisnis Ponpes Sirajul Huda Lombok Tengah (di sisi tengah) menunjukkan tanaman sayuran yang ditanam dengan pola hidroponik kepada tamu yang berkunjung – Foto: Turmuzi

Menurutnya pola tanam hidroponik bisa dimanfaatkan bagi masyarakat dengan lahan sempit, karena pola tanam tersebut murni memanfaatkan air sebagai media tanam.

Meski demikian pola tanam hidroponik yang dikembangkan santri lebih kepada pengenalan cara bercocok tanam menggunakan air, tanpa menggunakan tanah, sehingga nanti setelah keluar dari pondok bisa mengembangkan budidaya tanaman dengan pola tersebut.

“Sebagai media pembelajaran saja, pola tanam yang banyak dipraktikkan siswa tetap pola tanam dengan memanfaatkan lahan pertanian milik yayasan” katanya.

Beberapa jenis tanaman yang biasa ditanam santri selama ini antara lain, kembang kol, pakcoy, sawi, tomat, cabai dan terong dan telah terbukti berhasil setiap tahunnya.

Suhaeli, Kepala Sekolah SMK Agribisnis Ponpes Sirajul Huda Lombok mengatakan, SMK Agribisnis yang digagas yayasannya lahir dari kegelisahannya bersama pihak pengelola yayasan atas semakin sedikitnya anak muda pada bidang pertanian.

“Anak muda kita belakang ini mulai kurang berminat pada pertanian dan lebih memilih bekerja sebagai karyawan atau merantau jadi TKI, padahal daerah NTB merupakan daerah agraris” katanya

Padahal pertanian kalau dikaitkan dengan wisata memiliki prospek potensial, hasil pertanian berupa sayuran bisa dikerjasamakan dengan pihak hotel untuk memenuhi kebutuhan konsumsi setiap hari.

Lihat juga...