SMK Kelapa Sawit di Musi Banyuasin Segera Berdiri

2.170
Ilustrasi -Dok: CDN

SEKAYU – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, menggagas berdirinya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelapa Sawit, untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia yang ahli dalam komoditas itu.

Wakil Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi, mengatakan pembangunan SMK Kelapa Sawit untuk menyongsong program hilirisasi hasil perkebunan kelapa sawit, yang merupakan komoditas andalan daerah setempat, supaya ke depan ditopang penyediaan SDM ahli di bidang kelapa sawit.

“Nantinya SMK Kelapa Sawit ini terintegrasi dengan Politeknik Sekayu yang sudah kami dirikan,” kata dia, Selasa (12/1/2019).

Beni melanjutkan, pembangunan SMK Kelapa Sawit juga sesuai dengan program kerja pemkab setempat, yang memberikan perhatian penting terhadap perkebunan.

Ia mengemukakan, bahwa pemerintah kabupaten ingin menyiapkan SDM di bidang kelapa sawit yang terampil dan andal, guna menyukseskan program pembangunan hijau berkelanjutan.

“Terlebih lagi, Muba (Musi Banyuasin) juga sebagai pilot project program peremajaan perkebunan sawit di Indonesia,” kata dia.

Percepatan realisasi SMK Kelapa Sawit Muba Maju Berjaya yang terintegrasi dengan Politeknik Sekayu, kata dia, mulai menemukan titik terang.

Hal itu setelah dilakukan pembangunan dan peletakan batu pertama oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, dan Mendikbud, Prof. Dr. Muhadjir Effendi pada Februari 2018.

Dalam waktu dekat, Mendikbud Muhadjir akan segera melaporkan program pendidikan SMK Kelapa Sawit Muba Maju Berjaya yang merupakan SMK Kelapa Sawit pertama di Sumbagsel, kepada Presiden RI, Joko Widodo.

“Kemendikbud menyambut baik dan siap merealisasikan program tersebut, dan program ini akan segera dilaporkan ke Presiden RI,” ujar dia. (Ant)

Lihat juga...