hut

Stok Darah PMI OKU Kosong, Perlu Pendonor Baru

BATURAJA  – Stok darah di Unit Transfusi Darah (UPT) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, saat ini kosong sehingga dibutuhkan sukarelawan untuk mendonorkan darahnya guna memenuhi kebutuhan rumah sakit di wilayah itu.

“Sejak dua hari terakhir kami tidak memiliki stok darah untuk memenuhi permintaan sejumlah rumah sakit,” kata Kabid Pelayanan UPT PMI Ogan Komering Ulu, Dedi Arisandi, di Baturaja, Sabtu.

Dia mengemukakan, stok darah yang kosong ini mulai dari golongan darah A, B, AB serta golongan darah O. Tidak ada lagi yang tersimpan di tempat penyimpanan milik UTD PMI Ogan Komering Ulu.

Dia menjelaskan, kekosongan stok darah ini mengingat saat ini permintaan darah di sejumlah rumah sakit di wilayah setempat cukup tinggi untuk kebutuhan pasien yang akan menjalani operasi.

“Permintaan darah dari sejumlah rumah sakit di Baturaja saat ini cukup tinggi, sedangkan jumlah masyarakat yang mendonorkan darahnya sangat minim,” katanya.

Menurut dia, minimnya sukarelawan pendonor darah di wilayah itu mengakibatkan persediaan darah di UTD PMI Ogan Komering Ulu mengalami kekosongan.

Oleh sebab itu lanjut dia, pihaknya membutuhkan sukarelawan pendonor baru guna mendonorkan darahnya agar persediaan darah di UTD PMI setempat tercukupi.

“Kami membutuhkan pendonor-pendonor baru agar darah selalu tersedia,” ujar Dedi. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!