Sukabumi Miliki Ragam Durian Unggulan

SUKABUMI  – Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mempunyai banyak varietas unggul durian, salah satunya jenis Si Sake yang mempunyai keunggulan lebih bahkan langka.

“Durian Si Sake hanya ada satu pohon yang tumbuh di Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak. Durian ini bisa dikatakan langka karena hanya berbuah sekali setahun dan karena ada satu pohon itu pun hanya menghasilkan paling banyak 120 butir saja,” kata Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Sukamaju, Asep Suherman, di Sukabumi, Minggu.

Menurut dia, dinamakan Si Sake karena tumbuhnya hanya di Desa Sukamaju. Untuk harga setiap butirnya yang ukuran kecil Rp150 ribu dan paling besar di atas Rp300 ribu.

Biasanya saat musim berbuah durian ini sudah dipesan oleh pecinta buah yang memiliki kulit berduri, bahkan saat panen sudah langsung habis terjual.

Keunggulan durian ini melebihi durian jenis Matahari dan Musang King yakni ukuran yang besar, sudah tentu manis, teksturnya lembut, kandungan airnya rendah, daging tebal, biji tipis dan aromanya khas.

Pihaknya juga saat ini berupaya mengembangkan durian asli Desa Cimanggu tersebut agar populasi pohonnya bertambah dan tentunya kuantitas produksi dari durian tersebut bisa lebih banyak lagi.

“Durian ini menjadi andalan kami dalam mendongkrak ekonomi masyarakat Desa Sukamaju, meskipun di desa kami banyak pohon durian lokal lainnya tetapi Si Sake yang paling unggul,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat, mengatakan, pihaknya saat ini terus mengembangkan varietas unggulan durian lokal Sukabumi, bahkan sudah mendaftarkan ke instansi terkait untuk dipatenkan.

Namun harus diakui, kelemahan dalam pengembangan biji durian lokal Sukabumi seperti jenis Gandaria dan Si Sake akibatnya susah tumbuh. Maka dari itu perlu cara lain untuk mengembangkan populasi pohon durian ini yakni dengan cara okulasi.  (Ant)

Lihat juga...