hut

Sukseskan Pembangunan Desa, Kades Diminta Berinovasi

Editor: Mahadeva

Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi – Foto Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Untuk mensukseskan pembangunan desa di Kalimantan Timur, Kepala Desa (Kades) dan masyarakat diminta bersinergi dan berinovasi. Terutama untuk mengembangkan potensi sumber daya alam setempat.

Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi, menyebut, suksesnya pembangunan di desa, tergantung kepada inovasi dan kreativitas kades bersama warga desa. “Potensi itu bisa pengembangan obyek pariwisata, pertanian maupun sektor perkebunan rakyat, termasuk dalam upaya peningkatan ekonomi kerakyatan,” ungkapnya saat menerima aspirasi 14 Kades, Selasa (13/2/2019).

Hadi Mulyadi menyebut, Kades, perangkat desa, serta pendamping desa, dapat bersinergi sebagaimana pengelolaan dan perencanaan desa, agar bisa tepat sasaran, sehingga bisa menggerakkan ekonomi dan pembangunan desa. “Desa akan mandiri dan produktif dalam menghasilkan produk-produk yang baik. Bahkan tidak saja berimbas pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga memajukan dan mengembangkan desa apabila saling bersinergi dan berinovasi,” terang Hadi Mulyadi.

Bagi desa yang belum membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan Wagub Kaltim, segera membentuk. Keberadaan BUMDes, dapat mendorong peningkatan pendapatan masyarakat. Baik yang berkembang menurut adat istiadat dan budaya setempat, maupun kegiatan perekonomian yang diserahkan untuk di kelola oleh masyarakat melalui program atau proyek pemerintah dan pemerintah daerah.

“Pembentukan BUMDes diharapkan mampu memaksimalkan potensi masyarakat desa dari aspek ekonomi, sumber daya alam dan sumber daya manusianya. pendirian BUMDes juga menyerap tenaga kerja desa, meningkatkan kreativitas dan membuka peluang usaha ekonomi produktif mereka yang berpenghasilan rendah,” pungkas Hadi Mulyadi.

Lihat juga...