hut

Tak Miliki Biaya, Tiga Anak Josina Nona Putus Sekolah

Editor: Mahadeva

BEKASI – Kondisi, Josina Nona, warga RT03/RW04 Kelurahan Jatiranggon, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat memprihatinkan. Ketiga anaknya putus sekolah, karena tidak memiliki biaya.

Dari keempat anaknya, hanya satu yang duduk dibangku sekolah. Satu anak bersekolah di SMK Negeri 10, karena mendapatkan bantuan melalui Program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Josina Nona, memiliki empat orang anak. Suaminya hanya bekerja serabutan. Josina Nona bekerja membantu jika ada acara di gereja. Pekerjaan sampingan mengumpulkan barang bekas, seperti botol mineral untuk dijual.

Saat Cendana News, berkunjung di kediamannya, hanya ditemui suaminya. Josina Nona sedang di gereja membantu kegiatan gereja di daerah Jatiwarna, Kota Bekasi. “Ibu sedang di gereja, membantu persiapan disana,” ujar suami Josina Nona singkat.

Rumah yang ditempati, adalah rumah orang tua. Kondisinya terlihat sangat sederhana, hanya berdiding seadanya, tanpa plafon. Bergenteng asbes yang disangga kayu rapuh. Pemerhati pendidikan, yang juga guru di salah satu sekolah di Jatisampurna, Chandra Gunawan, kepada Cendana News menyebut, salah satu dari anak Jonisa Nona salah pernah sekolah di SMP tempatnya mengajar., tetapi sekarang sudah berhenti.

“Saya sudah melaporkan kondisi Ibu Josina Nona, ke RT dan Kelurahan Jatiranggon. Pihak kelurahan sudah melihat langsung kondisi rumah Josina Nona,” ujarnya Chandra.

Chandra menyebut, sudah mengunjungi dan bertemu langsung dengan Ibu Josina Nona, dan keempat anaknya. Mereka masih mau sekolah, tetapi terkendala kondisi ekonomi. Salah satu dari anak yang seharusnya sudah lulus SMP, saat ini ikut program PKBM, mengambil paket B. Hal itu dilakukan, agar bisa mendaftar masuk SMA di tahun ajaran baru mendatang.

“Saya berharap setelah dilaporkan langsung di kelurahan soal tiga anak Josina Nona yang putus sekolah bisa ada solusi. Karena anak tersebut masih mau kembali ke sekolah, kecuali mereka ngggak mau lagi, maka lain ceritanya,” harap Chandra.

Lurah Jatiranggon Achmad Hidayat – Foto M Amin

Lurah Jatiranggon, Achmad Hidayat, menyebut, akan membawa persoalan tersebut ke dalam rapat mingguan di kecamatan. Dia juga mengharapkan ada solusi terbaik, agar ketiga anak Josina Nona bisa kembali bersekolah. “Tentunya harus dipikirkan sekolah terdekat dengan rumah mereka. Intinya kelurahan siap bantu, yang penting tidak ada putus sekolah,” tegasnya.

Jika ingin memgambil paket B, tentu akan dibantu memasukkan ke PKBM.  Bahkan Lurah berharap, rumah Josina Nona bisa masuk dalam program PKH.

Lihat juga...