Tanggulangi DBD, Pramuka Peduli Penengahan Bersihkan Lingkungan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

191

LAMPUNG — Ratusan anggota Pramuka dari sejumlah satuan karya (Saka) di Kwartir Ranting (Kwaran) Penengahan menggelar kegiatan pembersihan lingkungan. Aksi tersebut merupakan bagian dari upaya menanggulangi Demam Berdarah Dengue (DBD) pada musim penghujan.

DBD
Sersan dua Yus Karyanto, Wakil Ketua Bina Muda Kwartir Ranting Penengahan. Foto: Henk Widi

Sersan Dua (Serda) Yus Karyanto, wakil ketua bina muda Kwaran Penengahan menyebutkan, kegiatan pramuka peduli melibatkan sejumlah unsur. Meliputi Saka Wira Kartika, Saka Bhayangkara, Saka Bakti Husada, pegawai Kecamatan, pegawai UPT Puskesmas, siswa praktek kerja lapangan dari SMK Hampar Baiduri Kalianda.

Sejumlah area yang dibersihkan meliputi tiga titik. Pertama di area perkantoran Kecamatan Penengahan, area UPT Puskesmas rawat Inap, area pasar tradisional Pasuruan. Pembersihan dilakukan dengan mengumpulkan sampah plastik, membersihkan rumput, selokan dan yang berpotensi menjadi sarang berkembangnya jentik nyamuk penyebab DBD.

“Kegiatan temu antar satuan karya Pramuka pada awal tahun ini sekaligus kami rangkai dengan kegiatan kepedulian pada masyarakat. Apalagi saat musim hujan rentan timbul DBD, sehingga Pramuka melakukan upaya pembersihan lingkungan,”terang Serda Yus Karyanto saat dikonfirmasi Cendana News, Rabu (13/2/2019)

Kegiatan tersebut melibatkan sejumlah anggota Pramuka dari kecamatan Penengahan, Ketapang dan Bakauheni. Melalui kegiatan yang diinisiasi oleh anggota Pramuka ia berharap agar masyarakat dan aparat desa bisa ikut menjaga kebersihan lingkungan.

Kepala Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Puskesmas Rawat Inap Penengahan, Saiful Anwar mengapresiasi gerakan Pramuka Peduli Kwaran Penengahan.

Saiful Anwar yang sekaligus pembina Saka Bakti Husada menyebut kegiatan pembersihan lingkungan menjadi bagian dari upaya pencegahan DBD.

“Pertemuan antar saka Pramuka sekaligus menggugah kesadaran untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat pada bidang kesehatan dan lingkungan,”terang Saiful Anwar.

Kegiatan Pramuka peduli untuk penanggulangan demam berdarah disebut Saiful Anwar juga mengacu pada adanya warga yang terindikasi terkena penyakit DBD di wilayah Penengahan. Sesuai data di Puskesmas Penengahan sudah ada sebanyak 20 pasien terindikasi terkena DBD dan sudah mendapat perawatan di Puskesmas sebagian dirujuk ke Rumah Sakit Umum Dr.Bob Bazaar Kalianda.

Ia berharap agar masyarakat bisa mencegah penyebaran penyakit DBD melalui upaya komunal dan mandiri.

Baca Juga
Lihat juga...