Tekuk Everton, City Gusur Liverpool dari Puncak Klasemen

Editor: Makmun Hidayat

LIVERPOOL — Tekanan besar berada di pundak Liverpool. Setelah gagal meraih poin maksimal pada beberapa laga terakhir, kini The Reds digusur dari puncak klasemen oleh Manchester City yang berhasil memecundangi Everton dengan skor 2-0 pada laga yang digelar, Kamis pagi.

Kemenangan The Citizen tentu jadi mimpi buruk bagi The Reds. Ambisi mengakhiri paceklik gelar di musim ini, bakal lebih sulit didapat. Kini skuad asuhan Jurgen Klopp harus puas turun ke urutan dua. Jumlah poin Liverpool dan Manchester City sebenarnya sama, 62, hanya City unggul produktivitas gol.

Kendati begitu, bukan berarti tidak ada peluang mengejar juara bertahan, City. The Reds masih diuntungkan dengan jumlah laga di mana tim Merseyside itu menyisakan satu laga lebih banyak. Jika berhasil mengamankan tiga angka maka The Reds bakal kembali naik ke puncak.

Sementara The Citizen tak henti membuat kejutan. Setelah tampil gemilang di laga sebelumnya, giliran Everton yang harus rela dipecundangi di Goodison Park. Aymeric Laporte dan Gabriel Jesus masing-masing menyumbang gol di masa injury time babak pertama dan kedua untuk mengantar The Citizen sebagai pemenang.

Manchester City nyaris membuka saat laga baru berjalan tiga menit. Sayang tembakan voli Leroy Sane masih melebar dari gawang Everton. Then Citizen kembali memberikan ancaman melalui Aymeric Laporte. Sayang sundulan kepalanya juga masih melebar.

Ilkay Gundogan juga gagal. Tembakannya menyambut sumpan silang David Silva masih membentur tiang gawang. Everton perlahan mulai menemukan ritme dan belik mengancam melalui Bernard. Sayang sundulan kepalanya melebar dari gawang Ederson.

Dua menit di masa tambahan waktu, Laporte akhirnya memecah kebuntuan. Sundulan kepalanya menyambut bola hasil eksekusi bola mati dari David Silva melesat ke tiang jauh Jordan Pickford.

Usai jeda, Everton coba bangkit dan mengejar ketinggalan. Kurt Zouma membuka peluang The Toffees melalui sundulan kepala tapi masih gagal berbuah gol. City yang masih haus gol nyaris menggandakan keungulan melalui Sergio Aguero. Tapi tendangan overhead yang dilepas Aguero melebar dari gawang Pickford.

City terus memberi tekanan sementara tuan rumah terus berjuang mencari gol penyeimbang. Tujuh menit saat tambahan waktu, City akhirnya menggandakan gol melalui sundulan kepala Gabriel Jesus. Menerima bola dari Kevin De Bruyne, tembakan Jesus sempat dimentahkan Pickford namun ia akhirnya mencatatkan namanya di papan skor dan memastikan kemenangan City dengan skor 2-0.

Lihat juga...