Tiga Putri Cendana Kunjungi Saung Berkarya

Editor: Satmoko Budi Santoso

1.030

SENTUL – Tiga putri Cendana, Siti Hardijanti Rukmana (Tutut Soeharto), Siti Hediati Haryadi (Titiek Soeharto) dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek Soeharto), mengunjungi Saung Berkarya di Sentul, Jawa Barat, Minggu (10/2/2019).

Dengan didampingi Ketua Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri), Subiakto Tjakrawerdaja, dan Pengelola Saung Berkarya, Sri Wahyuni,  ketiga Putri Cendana berkeliling meninjau Saung Berkarya yang mengembangkan ekonomi kerakyatan di atas lahan seluas 3 hektare.

Mereka meninjau budidaya ikan, kebun hidroponik, peternakan sapi, kambing, dan ayam. Ketiga putri Presiden Kedua RI, Jenderal Besar HM Soeharto ini, terlihat bahagia dengan berswafoto di area tanaman kangkung dan peternakan sapi.

Siti Hardijanti Rukmana atau Tutut Soeharto didampingi Ketua Yayasan Damandiri, Subiakto Tjakrawerdaja dan Pengelola Saung Berkarya, Sri Wahyuni, meninjau budidaya ikan di Saung Berkarya, Sentul, Jawa Barat, Minggu (10/2/2019). Foto: Istimewa

“Saung Berkarya ini macam-macam yang ditanam. Ada jagung, kacang, kangkung, selada, tomat, cabai dan lainnya. Kalau nanti sudah panen tinggal dipetik, komplit tinggal masak saja,” kata Tutut Soeharto dalam kunjungannya di Saung Berkarya.

Saung Berkarya dengan program unggulan pertanian terpadu ramah lingkungan dan berkelanjutan. Ini mengembangkan ekonomi kerakyatan yang di dalamnya ada pertanian dan peternakan.

Pengembangan pertanian terpadu ini, bisa diambil manfaatnya dan menjadi contoh bagi masyarakat luas.

“Saung Berkarya ini untuk percontohan di tempat lain. Mudah-mudahan berhasil ya. Yuk kita bikin yuk di seluruh Indonesia,” ujar Tutut Soeharto.

Selain mengembangkan lahan pertanian dan peternakan, Saung Berkarya juga sekaligus melakukan pengembangan untuk biogas dari kotoran hewan peternakan.

Pada kunjungannya ini, mereka juga melihat proses pembuatan biogas dari kotoran hewan sapi. Hasil biogas ditampung dalam kantung plastik warna biru. Biogas ini bisa digunakan sebagai energi untuk memasak dan bahan bakar listrik.

Tiga putri Cendana juga meninjau peralatan yang menggunakan biogas yang terdapat di area Saung Berkarya.

Berlanjut, Tutut Soeharto, Titiek Soeharto dan Mamiek Soeharto, meninjau tempat pengolahan pupuk padat, rumah jamur dan rumah percontohan yang ada di area tersebut. Rumah percontohan ini merupakan rumah murah sederhana.

Siti Hardijanti Rukmana (Tutut Soeharto), Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek Soeharto) dan Siti Hediati Hariyadi (Titiek Soeharto) meninjau rumah percontohan di area Saung Berkarya, Sentul, Jawa Barat, Minggu (10/2/2019). Foto: Istimewa

Partai Berkarya berkomitmen mengembangkan ekonomi kerakyatan dengan pengembangan teknologi pertanian dan peternakan di setiap daerah. Keduanya menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dan Saung Berkarya menjadi karya nyata yang dipersembahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Baca Juga
Lihat juga...