Tingkatkan Partisipasi Pemilu, KPU Baubau Sasar Sekolah

179

KENDARI  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) gencar melakukan sosialisasi di sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah sederajat lainnya sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu, khususnya bagi kalangan pemilih pemula.

“Sosialisasi tahapan Pemilu ini merupakan tanggung jawab KPU sebagai penyelenggara, sehingga seluruh lapisan masyarakat khususnya pemilih pemula dapat mengetahuinya,” kata Ketua KPU Baubau, Edy Sabara, melalui pesan singkat yang diterima, Minggu.

Pada Sabtu (9/2), KPU Baubau menggelar sosialisasi secara maraton di tiga Sekolah yakni Madrasah Aliyah Negeri 1 Baubau, SMAN 2 Baubau, dan SMKN 1 Baubau yang dikemas dalam kegiatan KPU Baubau “Goes to School”.

Maksud dilakukannya sosialisasi ke sejumlah SMU/SMK itu karena jumlah pemilih pemula pada komposisi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Baubau pada Pemilu mendatang cukup besar yang diperkirakan mencapai 12 Persen dari total DPT.

“Harapan kami bahwa mereka (pemilih pemula-red) dapat mengetahui bahwa pada 17 April 2019 adalah hari pemungutan suara sehingga mereka datang ke TPS dan menyalurkan hak pilihnya,” kata Edy Sabara. Dan salah satu tujuan KPU, lanjut Edy Sabara, adalah mencapai target partisipasi Pemilih 77,5 persen sesuai ketentuan Pemerintah dan KPU RI.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Baubau, Muhammad Radi, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan KPU Baubau. Menurutnya kegiatan sosialisasi kepemiluan ke SMA/sederajat sangat tepat dalam memberikan pendidikan politik pada pelajar.

“KPU Baubau sangat penting datang ke sekolah-sekolah untuk memberikan pencerahan. Khususnya bagi sekolah yang memiliki banyak siswa, seperti di SMAN 2 Baubau ini yang jumlah siswanya mencapai 1.500-an dan diperkirakan sekitar 600 lebih itu pemilih pemula,” ujar Muhammad Radi. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...