TMMD Sengkuyung Buka Akses Jalan Antardesa

Editor: Satmoko Budi Santoso

PURBALINGGA – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I yang dilaksanakan Kodim 0702/Purbalingga difokuskan pada pembangunan akses jalan antardua desa, yaitu antara Desa Sangkanayu, Kecamatan Mrebet dengan Desa Talagening, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga.

Pembangunan jalan sepanjang 715 meter dan lebar 5 meter tersebut dimulai usai pembukaan TMMD, Selasa (26/2/2019) di lapangan Desa Sangkanayu.

Pjs Perwira Seksi Teritorial Kodim 07/02 Purbalingga, Letda Inf Suriyono, mengatakan, sasaran fisik TMMD di Desa Sangkanayu selain membuka jalan baru alternatif bagi dua desa, adalah pembangunan jalan makadam sepanjang 715 meter dan lebar jalan 4 meter, kemudian pembangunan gorong-gorong sebanyak 5 unit dan pembangunan talud.

Untuk kegiatan non fisik akan diisi dengan penyuluhan bidang mental ideologi, kesadaran berbangsa dan bernegara, kamtibmas, kesejahteraan masyarakat serta penyuluhan bidang pertanian.

TMMD didukung sejumlah personel yaitu dari SST Kodim 0702/Purbalingga 40 orang, serta personel gabungan dari Polres Purbalingga dan dinas terkait. Selain itu juga melibatkan mahasiswa dan masyarakat setempat.

“Pembangunan jalan makadam dan pembukaan akses jalan dua desa ini, dimaksudkan untuk memperlancar sehingga kegiatan perekonomian warga juga akan meningkat,ʺ jelasnya.

Sementara untuk sumber dana TMMD Sengkuyung Tahap I, dari APBD Provinsi Jawa tengah sejumlah Rp 265 juta dan APBD Kabupaten Purbalingga Rp 360 juta, sehingga total keseluruhan dana Rp 625 juta.

Plt Bupati Bupati Purbalingga yang hadir dalam acara TMMD, Dyah Hayuning Pratiwi atau biasa disapa Tiwi menyatakan, menyambut baik kegiatan TMMD.

Tiwi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut membantu kegiatan TMMD. Menurutnya, program TMMD harus mampu meningkatkan ekonomi masyarakat, meningkatnya kesehatan lingkungan dan memantapkan kerukunan antarumat beragama dalam rangka mencegah terjadinya konflik SARA, radikalisme, terorisme, dan intoleransi.

“Kita juga harus terus mendorong dan mendampingi masyarakat desa agar berkreasi serta berinovasi untuk menggali dan mengoptimalkan potensi desa agar lahir startup wirausaha sehingga masyarakat desa semakin sejahtera. Kegiatan TMMD juga bisa disisipi program-program yang menggugah wawasan kebangsaan dan nilai-nilai nasionalisme guna menangkal maraknya hoaks,” pesannya.

Lihat juga...