hut

Trabas Ketanggungan Brebes, Diikuti Ribuan Peserta

Editor: Mahadeva

BREBES – Kegiatan Jelajah Alam Bebas atau yang bias disebut Trabas, di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, diikuti 2.440 peserta. Para pecinta motor trail dari berbagai kota, terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan, yang merupakan rangkaian dari HUT Kabupaten Brebes ke-341 tersebut.

Peserta trabas dilepas Dandim 0713/Brebes, Letkol Inf. Faisal Amri.  ʺUtamakan faktor kemanan, jangan sampai demi mengejar juara, sampai tidak menghirauan keselamatan diri,ʺ pesan Dandim saat melepas peserta trabas, Minggu (4/2/2019) sore.

Panitia, menyediakan rute yang cukup menantang. Mulai dari tanjakan, turunan, hingga jalanan berlumpur, menjadi sajian yang harus dihadapi peserta. Jalanan yang dipenuhi kubangan lumpur menjadi salah satu titik tersulit, yang harus dilalui peserta, disamping jalanan kecil menanjak yang dipenuhi bebatuan.

Beberapa peserta, termasuk Dandim Brebes yang ikut mengendarai trail, sempat terjatuh di dalam kubangan lumpur. Namun, dengan sigap, segera bangun dan membawa motornya keluar dari kubangan. Kemudian meneruskan ke etape balapan selanjutnya.

Rata-rata peserta membutuhkan waktu hingga empat jam, untuk menempuh rute yang telah ditentukan. Hingga menjelang petang, sekira pukul 18.00 WIB, peserta baru memasuki garis finish. ʺRutenya tidak begitu panjang, tetapi medannya sangat menantang, sehingga dibutuhkan keahlian khusus dalam mengendarai trail, supaya tidak jatuh terpeleset, terutama di trek yang jalanan berlumpur. Semoga trek yang menantang ini membuat para peserta selalu ingat pada Kabupaten Brebes,ʺ kata Dandim.

Acara trabas kali ini, diharap bisa menjadi ajang promosi keindangan Kabupaten Brebes. Sehingga Brebes tidak hanya dikenal dengan produksi telur asin, tetapi juga keindahan alam serta jalur trek balap yang menantang. Kegiatan trabas juga diikuti oleh para pejabat Brebes, seperti Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono, Muspika Kecamatan Ketanggungan serta para tokoh masyarakat. Bupati Brebes, Idza Priyanti juga hadir untuk memberikan semangat kepada para peserta.

ʺPesertanya cukup banyak dan semua itu karena banyaknya pecinta trail. Semoga kegiatan ini sekaligus bisa menjadi ajang promosi supaya Kabupaten Brebes lebih dikenal secara luas,ʺ pungkasnya.

Lihat juga...