Tragis, MU Dipecundangi PSG di Old Trafford

Editor: Makmun Hidayat

254

MANCHESTER — Paris Saint-Germain (PSG) menginjakkan satu kaki di perempat final Liga Champions setelah memecundangi Manchester United pada leg pertama babak 16 besar di Old Trafford, Rabu pagi.

Sempat bermain imbang di babak pertama, dua gol dari Presnel Kimpembe dan Kylian Mbappe di awal babak kedua membuat pimpinan klasemen Ligue 1 berada di depan sebelum kedua tim kembali bentrok di leg kedua di Parc des Princes 6 Maret mendatang.

Kekelahan ini mengakhiri hasil impresif yang diraih United di bawah Ole Gunnar Solskjaer. Kekelahan menjadi yang pertama dari 12 laga Setan Merah di bawah kendali Solskjaer. Petaka United kian parah lantaran Paul Pogba diusir wasit usai menerima kartu kuning kedua sehingga ia bakal absen di leg kedua.

Laga kedua tim berlangsung cukup menarik. PSG yang tidak diperkuat Neymar dan Edinson Cavani tetap mampu memberi ancaman serius bagi tuan rumah melalui Angel Di Maria. Marcus Rasford kemudian balik mengancam dan memaksa Gianluigi Buffon melakukan penyelamatan.

Menit 16 Buffon kembali beraksi memotong umpan silang Pogba setelah bintang asal Perancis itu menaklukkan Kimpembe di sisi kanan lapangan. Peluang terbaik selama 45 menit babak pertama jadi milik tim tamu saat kerjasama apik Marco Veratti dan Julian Draxler membuka ruang bagi Kylian Mbappe

Gelandang serang belia itu merangsek ke area terlarang namun sayang masih gagal menceploskan bola ke gawang United. Ketatnya laga babak pertama terlihat dari banyaknya kartu kuning. Lima kartu kuning diberikan wasit. Di sisi lain, laga ini jadi laga dengan jumlah tembakan paling sedikit hanya enam tembakan saja selama 45 menit.

PSG yang gagal menciptakan satu tembakan pun untuk pertama kalinya di Liga Champions sejak 2015 silam, tampil lebih baik di babak kedua. Sundulan kepala Mbappe menyambut umpan Dani Alves memaksa David de Gea jatuh bangun.

Menit 53, PSG memecah kebuntuan. Berawal dari sepak pojok, Kimpembe berhasil mencuri bola dan melepas tembakan voli kea tap gawang De Gea. Tiga menit berikutnya giliran Alves yang mengancam. Sayang tembakan first time yang dilepaskannya melebar setelah mengenai kaki Pogba.

Ander Herrera nyaris menyamakan skor tapi tembakan voli yang dilepaskannya masih melebar. Satu menit kemudian, atau di menit 60, PSG menggandakan skor. Angel Di Maria yang mencapat tekanan fans tuan rumah jadi kreator di balik gol kedua ini. Umpan datarnya ke kotak terlarang disambut Mbappe dengan melepas tembakan ke pojok bawah gawang.

United masih belum menyerah. The Red Devils berusaha keras mengejar ketinggalan. Tapi dua menit jelang bubar, Paul Pogba justru harus mendapat kartu merah usai menerima kartu kuning kedua. Hasil akhir 2-0 membuat beban United kian berat saat bertandang ke Paris untuk melakoni leg kedua.

Baca Juga
Lihat juga...