Wagub Kaltim Galakkan Gerakan Makan Buah Nusantara

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

228

BALIKPAPAN — Untuk mempromosikan buah-buahan lokal Kalimantan Timur, Pemerintah Provinsi menggalakkan gerakan makan buah nusantara. Hal tersebut tidak terlepas dari keberadaannya yang memiliki beragam jenis.

Buah Lokal
Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi. Foto: Ferry Cahyanti

Menurut Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, buah lokal tak kalah enaknya dengan buah impor. Apalagi harganya juga lebih murah.

“Jangan lagi kita bangga dengan buah impor, karena tidak kalah nikmatnya. Mari kita makan buah lokal nusantara hasil produksi petani kita,” paparnya.

Hadi menjelaskan, buah-buah impor itu hanya buah meja apalagi harganya lumayan mahal. Iapun mengharapkan gerakan tersebut selain memasyarakatkan kegemaran makan buah juga meningkatkan pendapatan petani lokal.

“Coba perhatikan orang-orang yang gemar makan buah. Wajahnya segar-segar dan terlihat sehat. Makanya kita harus budayakan,” tutur Hadi, Kamis (14/2/2019).

Sebelumnya, Pemerintah Kota Balikpapan juga terus mempromosikannya dalam setiap pertemuan-pertemuan.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, tetap memprioritaskannya dalam hidangan acara acara pemda di Balikpapan. Pemerintah maupun masyarakat termasuk swasta diinstruksikan mengutamakan hasil petani lokal.

“Sekarang setiap acara hidangan buah punya petani kita. Nggak kalah kualitasnya dengan impor,” tandasnya.

Bahkan buah unggulan yang dihasilkan petani sebagian sudah diolah untuk jenis makanan dodol, cake dan sambal hasil produksi pengrajin Balikpapan.

Lihat juga...