Walikota Malang: Peran Orangtua Membentuk Karakter Anak, Penting

Editor: Makmun Hidayat

224
Walikota Malang, Sutiaji, usai menghadiri Musrenbang Anak - Foto: Agus Nurchaliq

MALANG — Walikota Malang, Sutiaji, menyebutkan, peranan orangtua sangat diperlukan dalam membentuk karakter seorang anak. Hal tersebut tidak terlepas dari tanggung jawab para orangtua untuk bisa menjadi figur yang baik bagi anak-anak.

“Karakter anak, bergantung orangtuanya seperti apa. jadi ketika kita berbicara tentang kenakalan remaja, sesungguhnya hal tersebut diawali oleh kenakalan orangtuanya,” sebutnya saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak, Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Malang 2020, di Hotel Savana, Senin (4/2/2019).

Menurutnya, carut marutnya dunia yang saat ini terjadi salah satu penyebabnya adalah kesalahan orangtua dalam mendidik anak. Kebanyakan orangtua, sadar atau tidak sadar sudah sering mengajarkan kepada anak bagaimana sentimen terhadap anak itu sendiri dengan membandingkannya dengan anak yang lainnya.

“Banyak orangtua yang sering membandingkan anaknya dengan anak yang lainnya dengan mengatakan ‘kamu kok gak seperti si A atau si B’. Padahal dengan seringnya membandingkan anak kita dengan anak yang lainnya, berartinorang tua telah menanamkan benih kebencian, kehasutan dan kesombongan kepada anak tersebut,” ujarnya.

Ketika anak kita dibandingkan dengan anak yang prestasinya di bawah anak kita, maka ia akan menjadi anak yang sombong dan merasa paling hebat. “Sedangkan ketika anak kita dibandingkan dengan anak yang lebih hebat, maka ia akan merasa minder dan juga hasut,” tandasnya.

Disampaikan Sutiaji, sesungguhnya anak diciptakan Tuhan dalam keadaan suci bersih. Di sini peran orangtualah yang memiliki peranan penting dalam memberikan pendidikan yang tepat untuk membentuk karakter anak.

“Pendidikan seks juga seharusnya sudah disampaikan sejak dini. Namun sayangnya, hal ini masih dianggap tabu oleh kebanyakan masyarakat,” terangnya.

Olehkarenanya, perlahan tapi pasti, Pemerintah Kota Malang mulai menyadari bahwa sesungguhnya jika ingi mebangun negara yang hebat dan kuat, hal pertama yang harus dipersiapkan sejak sedini adalah aspek pendidikan yang tepat bagi anak-anak dan mengedepankan hak-hak anak.

“Hal ini harus segera dimulai, salah satunya melalui kegiatan Musrenbang Anak yang mengangkat tema ‘Anak sebagai pelopor dan pelapor terhadap perlindungan anak,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Barenlitbang Kota Malang, Erik Setyo Santoso menyebutkan, kegiatan Musrenbang merupakan salah satu tahapan yang diinisiasi sebagai bagian dari proses penyusunan RKPD Kota Malang.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah mendorong partisipasi sekaligus memberikan ruang kepada anak-anak dalam proses penyusunan dokumen rencana kerja daerah tahun 2020. Sekaligus merumuskam dan menyampaikan usulan kegiatan prioritas Forum Anak Kota Malang dalam penyusunan RKPD,” pungkasnya.

Lihat juga...