97 Rumah Warga di Bantul Terima Bantuan Program Lantainisasi

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Desa Mandiri Lestari Trirenggo Bantul tak henti melakukan upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan bagi warganya. Setelah merealisasikan program bedah rumah, desa Binaan Yayasan Damandiri itu kembali memberikan bantuan berupa lantainisasi pada warga kurang mampu atau pra sejahtera.

Ketua KUD Gemah Ripah, Ambyah, selaku pengelola Desa Mandiri Lestari Trirenggo Bantul, menyebut pada tahun 2019 ini pihaknya akan merealisasikan program lantainisasi bagi sebanyak 97 rumah warga kurang mampu. Sebanyak 97 rumah yang mendapat program bantuan lantainisasi itu tersebar di sebanyak 16 dusun di Desa Trirenggo.

“Bantuan lantainisasi ini sebagai tindak lanjut dari program bedah rumah. Setelah program bedah rumah terealisasi seluruhnya, maka kita lanjutkan dengan lantainisasi. Rencananya program ini akan mulai direalisasikan dalam waktu dekat ini,” katanya saat ditemui Cendana News baru-baru ini.

Program lantainisasi sendiri dikatakan diberikan untuk memperbaiki kondisi lantai rumah-rumah warga kurang mampu, yang umumnya masih berupa tanah. Yakni dengan cara disemen atau diplester dengan nilai besaran dana bantuan sebesar Rp1,5 juta.

“Bantuan lantainisasi yang diberikan Yayasan Damandiri ini memang hanya berupa pemlesteran lantai rumah warga. Namun jika warga secara swadaya akan sekaligus mengkeramik lantai rumahnya kita dukung,” katanya.

Ambyah berharap adanya program lantainisasi ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga desa khususnya mereka yang kurang mampu atau pra sejahtera. Khususnya dalam bidang kesehatan dan lingkungan. Pasalnya adanya program ini dinilai akan mampu memperbaiki kondisi rumah warga menjadi lebih bersih, sehat, dan tertata.

“Harapannya tentu rumah warga menjadi lebih bersih dan sehat. Sehingga kehidupan warga juga semakin baik dan sejahtera,” katanya.

Selama ini, Yayasan Damandiri melalui program Desa Mandiri Lestari, telah melakukan berbagai upaya pengentasan kemiskinan di desa Trirenggo Bantul. Selain merealisasikan program bedah rumah di sebanyak 15 rumah warga, Yayasan Damandiri juga telah merealisasikan program jambanisasi di sebanyak 18 rumah warga.

Tak hanya itu di bidang ekonomi, Yayasan Damandiri juga telah menggulirkan program bantuan gerobak rakyat bagi sebanyak 15 keluraga pra sejahtera. Mendirikan warung usaha bagi 15 rumah warga yang menerima program bedah rumah, hingga menggulirkan dana pinjaman modal usaha bagi warga melalui unit Tabur Puja.

Lihat juga...