Ada Air Mancur Menari di Taman Pangripta Kranji

408

PURWOKERTO – Hari libur akhir pekan, Taman Pangripta Kranji dipenuhi warga yang menghabiskan waktu sambil menikmati udara sejuk.

Taman yang terletak di pusat Kota Purwokerto tersebut, menjadi tempat wisata alternatif murah meriah bagi masyarkat setempat. Selain gratis, juga ada air mancur menari yang dapat dinikmati pengunjung. Air mancur akan menari mengikuti musik yang dan saat musik berhenti maka air mancur juga ikut berhenti.

Di depan air mancur ada tempat cukup luas bagi anak-anak untuk bermain, berlarian menikmati cipratan air mancur. Tak hanya itu, area taman juga dilengkapi dengan jalan selebar 1,5 meter yang berbentuk melingkar sehingga biasa dipergunakan warga untuk bersepeda.

Bahkan anak-anak bisa main skuter otoped di tempat tersebut. Di tengah taman, terdapat lapangan bola yang cukup luas. ʺSering ke sini, kalau Minggu pagi atau Sabtu sore, ramai dan tempatnya enak untuk bersantai, ada alat senamnya juga, tetapi banyak yang pakai, jadi harus mengantri, bergantian,ʺ tutur salah satu pengunjung, Syena Angkasa Raya, Minggu (10/3/2019).

Anak-anak juga bisa bersepeda ataupun main skuter otoped atau menikmati cipratan air mancur di Taman Pangripta Kranji. (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Taman tersebut dilengkapi juga dengan dua alat senam. Ada juga tempat bermain anak seperti prosotan, dan ayunan. Dengan fasilitas yang ada, lokasi tersebut bisa dinikmati semua kalangan, mulai dari anak kecil, remaja hingga orang tua.

Taman Prangripta Kranji, berlokasi di Jalan Brobahan, Kelurahan Kranji, Kecamatan Purwokerto Timur. Termasuk sarana baru, karena dibangun akhir 2018 lalu. Pembangunan dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyumas untuk mewujudkan salah satu ruang terbuka hijau (RTH). Pengelolaannya saat ini dilakukan pihak kecamatan setempat.

Dalam perkembangannya, RTH tersebut menjadi tempat wisata alternatif bagi warga sekitar. Salah satu yang menarik pengunjung adalah keberadaan air mancur menari. Saat malam hari, warna air mancur akan berubah-ubah, karena sorot lampu yang dipasang di sekitarnya.

Terkadang berubah menjadi warna kemerahan, hijau dan biru. Di sekitar lokasi juga dilengkapi dengan bangku-bangku panjang, sehingga pengunjung bisa duduk-duduk sambil menikmati pemandangan air mancur menari serta mengawasi anak yang sedang bermain.

Sejak ramai pengunjung, penjual aneka makanan juga mulai bermunculan, mulai dari jagung bakar, kacang rebus, pecel dan menu kuliner lainnya. Ada juga yang menawarkan tempat melukis untuk anak-anak, dengan diberi papan kecil dan penyangganya serta tepat duduk, anak-anak bisa melukis. Disediakan juga cat air lengkap dengan kuasnya.

Akhir pekan tidak lagi harus menempuh perjalanan jauh dan macet bagi warga Kota Purwokerto. Wisata gratis dan beragam makanan murah meriah, bisa dinikmat di pusat kota ini.

Baca Juga
Lihat juga...