Anggaran Normalisasi Sungai Batang Lembang Rp7,7 Miliar

Ilustrasi normalisasi sungai - DOK CDN

SOLOK – Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menganggarkan dana Rp7,7 miliar, untuk menormalisasi Sungai Batang Lembang.

Sungai di Kelurahan Koto Panjang, VI Suku, dan Kampung Jawa, Kota Solok, Sumatera Barat tersebut, akan dinormalisasi sepanjang satu kilometer, untuk mengurangi risiko banjir. “Syarat wajib dari pemerintah pusat untuk membantu normalisasi sungai, harus bebas hambatan masalah tanah,” kata Kasubdit Sungai Wilayah Barat Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Asdin Julaidy, Jumat (15/3/2019).

Hal itu disampaikan saat peletakan batu pertama Pelaksanaan Pekerjaan Pengendalian Banjir Batang Lembang Kota Solok, Anggaran 2019 di Pelataran Sungai Batang Lembang. Asdin menyebut, hampir seluruh sungai di Indonesia berpotensi banjir saat curah hujan tinggi. Dulu, saat hutan dan batu masih banyak, bisa membantu menahan aliran air. “Tapi pada masa sekarang sungai tidak lagi bisa menampung air, karena penyempitan lebar sungai dan hutan yang semakin gundul,” sebutnya.

Normalisasi akan diikuti pembetonan untuk membuat tanggul sungai, namun tergantung kondisi tanah di sepanjang satu kilometer. Juga akan dilakukan pelebaran sungai mencapai 30 meter. Kota Solok salah satu daerah yang mendapatkan bantuan normalisasi sungai. Hal itu dikarenakan, Solok bisa cepat menyelesaikan persoalan tanah dan pembebasan lahan. Normalisasi dapat menanggulangi bencana banjir, yang hampir setiap tahun terjadi di Kota Solok.

“Semoga setiap tahun akan selalu ditambahkan, demi kelangsungan kegiatan ini. Walaupun tahun ini cuma bisa membantu sepanjang satu kilometer, Insyaallah tahun-tahun kedepannya akan kami lanjutkan,” tambahnya.

Wali Kota Solok, Zul Elfian, mengapresiasi kegiatan normalisasi sungai Batang Lembang. Hal tersebut tidak teelepas dari kerja niniak mamak, yang membantu proses pembebasan lahan. “Mimpi kami, kota ini bersih dan terbebas dari banjir, sehingga bisa maju dan modern tanpa hambatan,” katanya.

Kota Solok sangat beruntung dan senang, bisa mendapatkan program untuk normalisasi Batang Lembang yang telah lama diajukan. Selain itu, Solok juga mendapatkan bantuan Rp19,5 miliar untuk perbaikan dan pembuatan jalan. “Kami siap menunggu dan membantu suksesnya program normalisasi agar dapat merasakan manfaatnya terbebas dari banjir,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...