Bantuan Damandiri Sejahterakan Masyarakat Samiran

Editor: Makmun Hidayat

BOYOLALI — Koperasi Pemasaran Sahabat Damandiri Sejahtera, menyampaikan pengembangan dana bantuan dari Yayasan Damandiri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

“Kami telah laksanakan amanah dari Ibu Tutut Soeharto (Siti Hardijanti Rukmana) menyalurkan dana dari Yayasan Damandiri, untuk kesejahteraan masyarakat Desa Samiran,” kata Ketua Koperasi Pemasaran Sahabat Damandiri Sejahtera, Marwadi di Desa Samiran, Selo, Jawa Tengah, Kamis (28/2/2019).

Ketua Koperasi Pemasaran Sahabat Damandiri Sejahtera, Marwadi. – Foto: Ist/Thowaf Zuharon

Dana tersebut menurutnya, telah disalurkan untuk membantu pengembangan program homestay Damandiri di Desa Samiran. Bantuan juga disalurkan untuk bedah rumah 10 unit bagi masyarakat kurang mampu.

Selain itu, bantuan dana untuk Warung Damandiri dalam pengembangan usahanya. Selanjutnya bantuan pembangunan Taman Melati Garden, yang sedang berjalan pengembangan untuk pengunjung.

Terpenting lagi adalah bantuan untuk pembangunan rumah ibadah. Juga pelatihan dan pembinaan PAUD, dan bantuan program rumah dinas. Ada bantuan Tabur Puja dan Posyandu.

“Alhamdulillah sampai saat ini sudah dicairkan sebesar Rp672 juta. Dan dalam proses ada 87 kartu keluarga yang kami sasarkan untuk KKS (Kartu Keluarga Sejahtera),” jelasnya.

Sedangkan bantuan kedua yang akan segera digulirkan apabila sudah disetujui yakni sekitar Rp 294 juta. “Untuk bantuan hari ini, alhamdulillah pelatihan 11 pelaku UKM sudah ada yang dilaksanakan,” jelasnya.

Selanjutnya, bantuan perbaikan jamban keluarga ada 9 orang dan sudah selesai dibangun.

Secara keseluruhan tercatat bantuan perbaikan jaman untuk 63 keluarga. Selain itu, bantuan untuk 72 keluaraga pra sejahtera dan bantuan 3.000 bibit buah dari Yayasan Damandiri. Bibit tersebut terdiri dari bibit alpukat, jambu tanpa biji, durian dan manggis.

Ketua Koperasi Pemasaran Sahabat Damandiri Sejahtera, Marwadi, melaporkan pengembangan dana bantuan Yayasan Damandiri kepada Tutut Soeharto di Desa Samiran, Selo, Jawa Tengah, Kamis (28/2/2019). – Foto: Ist/Thowaf Zuharon

“Alhamdulillah amanah telah dilaksanakan. Kami minta dukungan dari Yayasan Damandiri agar bisa berkembang lagi, khusus di Desa Samiran juga bisa meluas ke wilayah kecamatan lainnya,” ujarnya.

Suyanto, penyandang disabilitas merasa senang mendapat bantuan program lantainisasi rumah tinggal dari Yayasan Damandiri.

“Alhamdulillah terima kasih Ibu Tutut dengan Yayasan Damandiri telah merubah rumah saya lebih bagus tidak beralas tanah lagi,” ujarnya.

Suyanto adalah seorang tukang servis barang elektronik keliling dengan menggoes kursi rodanya. “Kerjaan saya servis TV dan radio,” ucapnya

Ada satu permintaan dia kepada Tutut Soeharto, yaitu operasi sumbing dan katarak bagi masyarakat Desa Samiran. Agar mereka yang memiliki derita tersebut bisa sembuh.

“Ada Yayasan Dharmais yang didirikan oleh Ibunda kami, yaitu Ibu Tien. Bagi yang tidak punya dana bisa daftar untuk operasi katarak dan bibir sumbing. Operasinya gratis,” jelas Tutut Soeharto.

Lihat juga...