hut

Banyak Surat Suara Pemilu di KPU Sikka, Rusak

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Usai dilakukan sortir di kantor KPU kabupaten Sikka, ditemukan banyak surat suara yang mengalami kerusakan. Pelaksanan sortir surat suara di KPU Sikka telah berlangsung selama 7 hari sejak Sabtu (16/3/2019) lalu, melibatkan 120 petugas.

“Dari 202.544 surat suara DPR RI Dapil NTT 1 yang disortir, ditemukan 10.613 surat suara yang rusak, sementara jumlah surat suara yang layak dipergunakan sebanyak 191.931 lembar,” kata juru bicara KPU Sikka, Herimanto, Jumat (22/3/2019).

Juru bicara KPU Kabuapten Sikka, Herimanto. -Foto: Ebed de Rosary

Dikatakan Herimanto, sortir hari pertama, surat suara DPR RI pada Sabtu (16/3), ditemukan 2.575 surat suara yang rusak. Sementara hari kedua,Minggu (17/3) ditemukan 4.005 lembar yang rusak dan hari ketiga Senin (18/3) terdapat 4.033 lembar yang rusak.

“Untuk surat suara provinsi NTT Dapil NTT 5, total surat suara yang ditemukan rusak setelah disortir sebanyak 7.120 lembar. Sortir hari pertama, Senin (18/3) ditemukan sebanyak 2.117 lembar mengalami kerusakan,” paparnya.

Sedangkan sortir hari kedua, Selasa (19/3), kata mantan ketua GMNI Sikka ini, terdapat 3.064 lembar yang rusak, dan hari ketiga, Rabu (20/3) ada 1.939 surat suara yang ditemukan rusak.

“Sedangkan untuk surat suara pemilu DPD RI yang rusak berjumlah 797 lembar selama dua hari sortir. Sortir surat suara DPRD kabupaten Sikka untuk 4 Dapil, masih berlangsung. Baru setelah itu dilanjutkan dengan sortir surat suara presiden,” terangnya.

Waktu pelaporan kerusakan surat suara ke KPU provinsi NTT, pada 28 Maret, sehingga pihaknya masih memiliki waktu untuk menyortir surat suara sisanya.

“Kita optimis dengan waktu tersisa, proses sortir bisa sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Mudah-mudahan sebelum 26 Maret, bisa selesai, sehingga kita masih memiliki watu tersisa dua hari untuk melaporkannya, setelah direkap semua. Nanti KPU provinsi NTT yang akan melaporkan ke KPU pusat, agar segera dikirim kekurangannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Sikka, Yohanes Krisostomus Fery Soge, menyebutkan, jumlah surat suara DPR RI Dapil NTT 1 sesuai dos tertulis 202.000 lembar, tetapi setelah disortir dan dihitung ada lebih 554 lembar surat suara.

“Sementara untuk surat suara DPRD provinsi NTT Dapil NTT 5, terdapat kelebihan 976 lembar dari jumlah yang tertulis sebanyak 202.000 lembar. Selain itu, jumlah surat suara DPD RI juga mengalami kelebihan sebanyak 2.723 lembar, dari jumlah yang tertera di dos sebanyak 202.500 lembar,” jelasnya.

Fery, sapaannya, mengatakan, pihaknya optimis kekurangan surat suara akan diganti. Nanti pihak KPU Pusat yang memerintahkan perusahaan penyedia untuk menambah sesuai jumlah kerusakan surat suara serta kekurangannya.

“Kami menjamin, tiga hari sebelum hari H  pencoblosan, surat suara sudah bisa didistribusikan ke berbagai kecamatan, dan saat hari H sudah berada di TPS. Masyarakat tidak perlu kuatir soal kerusakan dan kekurangan surat suara, karena akan ada penggantian ,” tegasnya.

Lihat juga...