BKSDA Lepasliarkan 18 Penyu Hijau di Pantai Kuta

BADUNG — Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali, bersama sejumlah instansi terkait, melepasliarkan 18 ekor Penyu Hijau (Chelonia mydas) yang merupakan hasil sitaan, Pantai Kuta, Badung, Bali.

“Penyu yang dilepasliarkan ini berasal dari hasil sitaan Polres Gianyar pada 13 Maret 2019 dan sitaan pada 17 Maret 2019 oleh Polres Buleleng bersama TNI AL,” ujar Kepala BKSDA Bali, Budhy Kurniawan di Bali, Rabu (27/3/2019).

Ia menjelaskan, total Penyu hasil sitaan selama bulan Maret 2019 ada sebanyak 27 ekor yang semuanya berjenis Penyu Hijau, dengan ukuran panjang kerapas bervariasi, mulai dari 30 cm hingga 100 cm.

“Dari jumlah itu, empat ekor Penyu telah dilepasliarkan di Pantai Penimbangan Buleleng, tiga ekor masih dirawat oleh tim medis Universitas Pendidikan Ganesha karena sakit serta dua ekor dirawat dan disisihkan sebagai barang bukti di Turtle Conservation And Education Center (TCEC) Serangan, Denpasar,” tambahnya.

Sebelumnya dilepasliarkan, Penyu tersebut telah melalui tahapan perawatan dan rehabilitasi di TCEC Serangan. Diperkirakan, sebelum disita Penyu Hijau itu telah melalui perjalanan panjang mulai dari penangkapan di laut, perjalanan darat sampai pada akhirnya tertangkap di tempat kejadian.

Lihat juga...