hut

BUMN Buka 11.000 Lowongan Pekerjaan

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG — Kementerian BUMN, membuka 11.000 lowongan pekerjaan di 110 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Demikian dikatakan Menteri Rini Soemarno, saat membuka rekrutmen bersama di Bandarlampung.

Rini Soemarno mengatakan, generasi muda di Indonesia, salah satunya di Lampung, memiliki potensi untuk menjadi tenaga kerja di sejumlah perusahaan BUMN. Program perekrutan tersebut menjadi kesempatan bagi generasi muda berbagai jurusan.

Rini Soemarno mengatakan, program rekrutmen bersama BUMN di Lampung memberi kesempatan bagi sejumlah generasi muda yang sedang mencari pekerjaan. Sebanyak 11.000 posisi yang dibuka pada sejumlah perusahaan BUMN, terbuka untuk lulusan SLTA/SMK, Vokasi, S1 hingga S2.

Menteri BUMN, Rini Soemarno, saat kegiatan rekrutmen bersama di Bandarlampung -Foto: Henk Widi

Meski total perusahaan di bawah Kementerian BUMN ada 143 perusahaan, namun hanya 110 perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Menurut Rini Soemarno, 11.000 lowongan pekerjaan yang dibuka, dibagi dalam 9.000 posisi untuk rekrutmen umum, 1.000 posisi rekrutmen khusus disabilitas dan 1.000 rekrutmen lain untuk kawasan timur Indonesia.

Rini Soemarno menyebut, perkembangan zaman, saat ini generasi muda atau dikenal generasi milenial, bisa menjadi penerus pegawai di perusahaan BUMN yang berkualitas, inovatif dan kreatif.

“Sejumlah pegawai di BUMN sebagian sudah harus mengalami proses regenerasi, sehingga perlu adanya rekrutmen baru yang transparan, dan bisa diakses dengan sistem dalam jaringan atau online,” terang Rini Soemarno, di PKOW Way Halim, Bandarlampung,  usai membuka kegiatan perekrutan bersama BUMN 2019, Jumat (8/3/2019).

Rini Soemarno menyebut ,sejumlah perusahaan BUMN bahkan dihadirkan dalam kegiatan rekrutmen tersebut. Sejumlah proyek strategis nasional untuk pembangunan infrastruktur di Sumatra, di antaranya dikerjakan oleh PT. Pembangunan Perumahan (PP), PT. Hutama Karya (HK),Waskita Karya, Adhi Karya, serta sejumlah perusahaan yang menyelesaikan proses pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Selain itu, ratusan perusahaan BUMN, di antaranya PT. ASDP Indonesia Ferry juga membuka kesempatan kerja.

Rini Soemarno menyebut, perekrutan bersama BUMN menggunakan sistem online, melibatkan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan Telkom Sigma 2019.

Bagi para pelamar bisa mengakses di laman http://rekrutbersama.fhcibumn.com/. Melalui proses rekrutmen tersebut, Kementerian BUMN bekerjasa sama degan FHCI memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Indonesia, untuk bergabung dan berkontribusi secara nyata di seluruh perusahaan BUMN.

“Kementerian BUMN  mengikuti perkembangan zaman, menghadapi berbagai perubahan di era globalisasi, sehingga bisa tetap eksis untuk mendorong perekonomian di Indonesia,” beber Rini Soemarno.

Rini Soemarno menyebut lagi, rekrutmen di Lampung sudah direncanakan sejak lebih dari satu tahun silam. Pada kegiatan di Gedung Sumpah Pemuda Pusat Kegiatan Olah Raga Way Halim, rekrutmen dilakukan bersamaan dengan peresmian Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) di gerbang tol Natar.

Proses tersebut diakuinya dimulai dari proses identifikasi kebutuhan setiap BUMN, kebutuhan industri serta kompetisi serta lokasi kerja.

Rini Soemarno juga menyebut, generasi milenial yang akan menjadi pegawai BUMN harus memiliki kemampuan inovatif. Sebab, perkembangan tekhnologi membuat sejumlah layanan kepada masyarakat sudah menerapkan sistem digitalisasi, sekaligus berbasis aplikasi.

Para generasi milenial yang menjalani proses rekrutmen, akan menjadi potensi menggantikan pegawai di ratusan BUMN pada masa mendatang.

Cintia, salah satu peserta rekrutmen dari salah satu lulusan perguruan tinggi di kota Bandarlampung, mengaku menyasar salah satu BUMN yang ada di Lampung, yakni sektor transportasi laut, di antaranya Pelindo di Bandarlampung. Selain dekat dengan tempat tinggalnya, ia menyebut memiliki minat sesuai jurusan dalam bidang transportasi laut.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!