Dadar Gulung, Jajanan Nusantara yang Disukai Wisatawan di Bali

Editor: Satmoko Budi Santoso

475

BADUNG – Jajanan tradisional khususnya khas Bali sering disajikan dalam menu di restoran. Seperti yang terlihat di salah satu restoran di kawasan Berawa, Canggu, Badung ini, misalnya. Dari berbagai jajanan Bali, salah satu yang sering disuguhkan kepada tamu adalah dadar gulung.

Ayu Julia, salah seorang chef,  menyajikan jajanan khas Nusantara, salah satunya dadar gulung tersebut. Ia menceritakan, kuliner ini mendapat respon positif dari wisatawan yang datang. Menurut mereka, kuliner ini memiliki kesamaan dengan craps.

“Rata-rata mereka (wisatawan) suka dadar gulung,” ucap Ayu Julia saat ditemui, Sabtu (16/3/219).

Ayu Julia, salah seorang chef yang menyajikan jajanan khas Nusantara salah satunya dadar gulung. -Foto: Sultan Anshori.

Wanita yang akrab disapa Ayu ini menambahkan, pembuatan dadar gulung tidak ubahnya membuat jajanan lumpia. Hanya saja yang membedakan adalah isinya.

Jika lumpia menggunakan isian wortel yang dicampur ayam, maka dadar gulung menggunakan parutan kelapa.

Selain itu, penambahan gula aren sebagai pemanis alami. Namun, jika lumpia masih memerlukan proses penggorengan, dadar gulung hanya cukup di kukus.

Masih kata Ayu, jajanan ini seringkali disuguhkan tidak hanya pada menu makan di hari biasa. Melainkan di event tertentu juga acapkali dibuat untuk menjadi makanan penutup.

“Biasanya kalau pas event seperti ini kami buat sekitar 100 biji. Itu pun bisa juga nambah,” imbuh wanita yang masih single ini.

Benar saja, dadar gulung ini ternyata diminati oleh wisatawan yang kebetulan datang ke restoran. Sebut saja Stevi, salah seorang wisatawan asal Australia ini mengaku, menyukai jajanan khas Indonesia. Salah satunya dadar gulung.

Ia mengaku, baru pertama kali mencoba mencicipi kuliner ringan ini. Karena di negara asalnya tidak pernah ada yang menjual.

“Rasanya enak, manis dan ada kelapanya. Saya suka karena ini juga terbuat dari bahan alami bukan kimia,” kata Stevi.

Stevi mengaku, selain kuliner dadar gulung ia juga menyukai kuliner lain khas Nusantara lain. Seperti nasi pecel, es dawet, dan lainnya.

Baca Juga
Lihat juga...