DKPP Nyatakan Sapi di Lhokseumawe Bebas Penyakit

Ilustrasi -Dok: CDN

LHOKSEUMAWE – Kepala Dinas Kelautan Peternakan dan Pertanian (DKPP) Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, M Rizal, mengatakan Kota Lhokseumawe bebas dari penyakit menular dan berbahaya.

“Bebasnya berbagai penyakit pada hewan ternak tersebut, dikarenakan belum ada ancaman serius terhadap hewan ternak dimaksud di wilayah Kota Lhokseumawe, kalau pun ada hanya sakit biasa,” ujarnya, di Lhokseumawe, Selasa (26/3/2019).

Meskipun ada jenis penyakit yang mematikan bagi sapi atau pun kerbau, tetapi belum ditemukan kasusnya di Kota Lhokseumawe, sehingga untuk kondisi kesehatan ternak di Kota Lhokseumawe masih aman.

“Sapi di Lhokseumawe bebas penyakit menular, dengan adanya kerja sama antara peternak dan instansi terkait dalam menangani berbagai persoalan terhadap kesehatan ternak selama ini di wilayah Lhokseumawe, sehingga kesehatan ternak tetap terjaga dan tidak ditemukan adanya penyakit yang menular,” ujar Rizal.

Selain itu, kata dia, untuk  menjaga kesehatan ternak, pihaknya juga melakukan pemberian vaksin bagi ternak untuk jenis penyakit seperti penyakit mulut dan kuku (PMK), sapi ngorok dan lain sebagainya yang dilakukan secara berkala.

“Di samping itu, juga melakukan karantina terlebih dahulu terhadap ternak sapi yang didatangkan dari luar daerah, bila hendak dikembangbiakkan oleh sejumlah kelompok usaha ternak milik masyarakat,” ujarnya.

Dia  mengatakan, dengan melakukan upaya pencegahan seperti itu, diharapkan ternak sapi yang didatangkan dari luar daerah sebelum dilepaskan ke dalam kelompok sapi lainnya, diperiksa dulu.

“Dengan demikian, dapat meminimalisir penyebaran penyakit pada hewan ternak sapi atau sejenisnya, di wilayah Kota Lhokseumawe,” kata  Rizal. (Ant)

Lihat juga...