‘E-Filling’ Mudahkan WP Laporkan SPT

Editor: Koko Triarko

271
Pajak, ilustrasi -Dok: CDN

MANADO – Direktorat Jenderal Pajak (DJP), mengimbau kepada wajib pajak (WP) agar melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) lewat e-Filing melalui smartphone.

“Kami memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak agar dengan cepat melakukan pelaporan SPT, tanpa harus antre,” kata Kepala Kanwil DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Suluttenggomalut), Agustin Vita Avantin, melalui Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, F.N. Rumondor di Manado, Kamis (14/3/2019).

Dia mengatakan, melalui layanan e-filing, Wajib Pajak semakin dipermudah dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.

“Dengan memanfaatkan layanan e-filing, Wajib Pajak dapat melaporkan SPT Tahunan kapan saja dan di mana saja. Layanan pojok pajak dibuka untuk mengasistensi Wajib Pajak yang mengalami kesulitan dalam pelaporan e-filing,” ujar Rumodor.

Rumondor menyebutkan, selain bisa menggunakan komputer/laptop pelaporan SPT menggunakan e-Filing juga bisa aplikasi lewat smartphone. Artinya, selama terhubung jaringan internet, wajib pajak bisa melaporkan SPT dari mana dan kapan saja.

Kelebihannya, kata Rumondor, melapor SPT tahunan melalui e-Filing, wajib pajak tidak perlu antre untuk ke kantor pajak. Lebih hemat waktu dan biaya, serta semua SPT yang dilaporkan melalui e-Filing terekam dan bisa dilihat kembali, sebagai dasar pembuatan SPT Tahunan di tahun berikutnya.

“Cukup dengan menggunakan gadget (smartphone) dan masuk ke halaman djponline.pajak.go.id,” terangnya. (Ant)

Lihat juga...