Ekskul Sekolah Perlu Didukung Perlombaan

Editor: Koko Triarko

243
Kepala Sekolah SMP Negeri 12, Ajahari Z -Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Dalam menunjang keterampilan siswa-siswi, sejumlah sekolah menambah kegiatan dengan ekstra kurikuler (Ekskul). Namun, untuk mengasah keterampilan diperlukan perlombaan, agar siswa lebih termotivasi dalam berprestasi, selain akademis.

Seperti di SMP Negeri 12 Balikpapan, beberapa ekskul diaktifkan oleh pihak sekolah. Di antaranya basket, voli, futsal dan paskibraka.

“Kami di sini ada basket, futsal, voli, atau untuk yang lain ada paskibra, drumband, green generation, mading, Pramuka, PMR, bela diri pencak silat, dan lainnya,” ucap Kepala Sekolah SMP Negeri 12, Ajahari Z, Kamis (14/3/2019).

Dia menilai, ekstrakurikuler akan lebih baik jika ditunjang dengan adanya lomba-lomba yang berkaitan dengan kegiatan tersebut. Jadi, ekskul tidak hanya jadi penyaluran hobi maupun kesenangan anak-anak, tapi ada nilai prestasi yang bisa diwujudkan.

“Kalau ada kegiatan lomba lebih bagus, jadi keterampilan anak-anak ini tidak hanya terbatas di area sekolah saja. Kalau seperti itu, sayang sekali. Akan sangat baik, jika ada lomba dan pertandingan, maka anak-anak juga akan semakin semangat dan terpacu,” tuturnya.

Dengan lomba, maka semangat siswa akan lebih tertantang. Dikatakannya, pihak sekolah juga akan memberikan dukungan lebih untuk ekskul, dan pastinya akan menjadi agenda dari sekolah.

“Baik sekali bila tiap tahun ada perlombaan. Kami pun memiliki anggaran untuk ekskul, namun sifatnya lebih memprioritaskan untuk ekskul yang mengikuti lomba,” ungkap Ajahari.

Untuk kegiatan ekskul, ia menambahkan pelatih didatangkan dari luar sekolah. Sementara untuk penanggung jawab atau guru pendamping ekskul merupakan guru-guru di SMP Negeri 12. “Salah satu ekskul yang wajib diikuti, yaitu Pramuka. Karena untuk induk penilaiannya dan masuk rapor,” imbuhnya.

Lihat juga...