Hadapi Revolusi Industri 4.0, Damandiri Siapkan Desa Cerdas Teknologi

Editor: Makmun Hidayat

331

YOGYAKARTA — Yayasan Damandiri bertekad membentuk desa-desa di Indonesia sebagai Desa Cerdas Teknologi. Desa yang mampu memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan setiap kegiatan ekonominya.

Ketua Yayasan Damandiri, Subiyakto Tjakrawerdaya, menyatakan Desa Cerdas Teknologi semacam itu diperlukan guna menghadapi berbagai tantangan perkembangan zaman, yang saat ini telah memasuki era revolusi industri 4.0.

“Dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 desa tidak boleh ketinggalan. Desa harus mampu menjadi desa cerdas teknologi,” ujarnya kepada Cendana News, di sela acara Rapat Kerja Restrukturisasi Organisasi dan Manajemen Koperasi Desa Mandiri Lestari, di Yogyakarta, Selasa (12/03/2019) malam.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Yayasan Damandiri, selama ini tak henti mendorong munculnya desa-desa Cerdas Teknologi. Khususnya di seluruh desa binaaan Yayasan Damandiri, yang telah dibentuk sejak 2017 lalu melalui program Desa Mandiri Lestari.

“Salah satu sasaran program Desa Mandiri Lestari memang adalah membentuk Desa Cerdas Teknologi. Yakni desa yang mampu memanfaatkan teknologi ekonomi digital di tengah era revolusi industri 4.0, koperasi harus menjadi pilar,” katanya.

Dalam kegiatan yang digelar di Hotel Grand Ambarukmo Yogyakarta itu sendiri, Yayasan Damandiri menghadirkan seluruh pengurus koperasi di setiap Desa Mandiri Lestari untuk didorong, dididik dan dilatih agar mampu memanfaatkan teknologi ekonomi digital.

“Sebagai pilar ekonomi desa, koperasi harus mampu melakukan reorganisasi. Agar menjadi lebih ramping, fleksibel, dan adaptebel terhadap setiap perkembangan zaman yang sangat cepat,” katanya.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2017 lalu, Yayasan Damandiri terus membentuk sejumlah desa binaan melalui program Desa Mandiri Lestari. Terdapat di sejumlah wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY hingga Jawa Timur, Desa Mandiri Lestari dibentuk untuk mengurangi angka kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan memaksimalkan potensi di setiap desa yang ada.

Berbagai program pemberdayaan ekonomi dijalankan di setiap Desa Mandiri Lestari ini, mulai dari program bedah rumah, program pemberian bantuan usaha gerobak rakyat, program Warung Damandiri hingga pinjaman modal usaha Tabur Puja. Selain di bidang ekonomi, Yayasan Damandiri secara bersamaan juga melakukan pemberdayaan di bidang pendidikan, kesehatan hingga lingkungan.

Baca Juga
Lihat juga...