Hujan Deras, Jalan Penghubung Antardesa di Banyumas Ambles

Editor: Satmoko Budi Santoso

277

BANYUMAS – Jalan penghubung antara Desa Ketandan, Kecamatan Sumpiuh dengan Desa Karanggintung, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas ditutup total mulai hari Minggu (17/3/2019).

Pasalnya jalan tersebut ambles selebar 4 meter, sehingga hampir keseluruhan jalan ambles dan tidak bisa dilalui kendaraan.

Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Kusworo mengatakan, panjang jalan yang ambles sampai 15,5 meter dan lebar jalan 4 meter. Kedalaman amblesan jalan hingga 60 sentimeter. Kondisi tersebut sangat berbahaya jika dilalui kendaraan.

ʺAmblesnya sangat parah, hampir seluruh lebar jalan, sehingga tidak bisa untuk lewat kendaraan,ʺ kata Kusworo, Minggu (17/3/2019).

Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Kusworo. Foto: Hermiana E. Effendi

Lebih lanjut ia menjelaskan, amblesnya jalan penghubung desa tersebut akibat curah hujan tinggi yang terjadi di wilayah Banyumas sejak Sabtu malam hingga Minggu malam. Ditambah kondisi tanah di wilayah tersebut tergolong labil.

Tim TRC BPBD Banyumas yang datang ke lokasi langsung berkoordinasi dengan babinsa setempat dan Serayu Rescue. Jalan tersebut kemudian diberi rambu dan ditutup total.

Menurut Kusworo, jalan penghubung antardesa tersebut sebelumnya juga pernah longsor, namun tidak separah longsor yang sekarang. Pihak desa kemudian menutup longsor jalan dengan material dan jalan bisa dilalui kendaraan kembali. Namun, longsor kedua ini lebih parah dan harus dilakukan perbaikan total.

ʺLongsor pertama sekitar bulan Januari, jalan ambles sepanjang 10 meter dan lebar hanya satu meter yang ambles. Tetapi yang sekarang lebar jalan longsor sampai 4 meter,ʺ terangnya.

Selama musim penghujan ini, jalan ambles di wilayah Kabupaten Banyumas sering terjadi. Dari data Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (SDA BM) Kabupaten Banyumas, setidaknya ada puluhan titik jalan ambles dan puluhan kilometer jalan yang rusak. Titik jalan ambles tersebar merata, mulai dari Kecamatan Rawalo, Cilongok, Ajibarang, Lumbir, Pekuncen, Sumpiuh, Kemranjen dan lainnya.

Selain jalan ambles, rumah warga di Grumbul Kalisalak, Desa Karangbawang, Kecamatan Ajibarang juga longsor. Rumah milik Sukardi tersebut, mengalami keretakan pada bagian lantai dan tembok, kondisinya nyaris roboh. Penghuni rumah terpaksa harus mengungsi, karena kondisi rumah sangat membahayakan.

 

Baca Juga
Lihat juga...