IPSI Bekasi Seleksi Atlet untuk Popwilda Jabar

Editor: Mahadeva

BEKASI — Pengurus Cabang Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bekasi melakukan seleksi atlet. Kegiatannya, sebagai bagian dari persiapan mengikuti Pekan Olahraga Wilayah Daerah (Popwilda) Jawa Barat, Juli 2019 mendatang.

“Ada 146 peserta dari 25 perguruan silat yang ada di Kota Bekasi mengikuti seleksi, memperebutkan tiket menuju Popwilda Jabar di Bandung, pada bulan Juli mendatang,” kata Ketua Pelaksana Popwilda Kota Bekasi 2019, Agung Prasetyo, kepada Cendana News, Minggu (3/2/2019).

Kota Bekasi, diajang Popwilda Jabar masuk wilayah II, dengan enam daerah untuk memperebutkan tiket Popwilda. Peserta, akan memperebutkan tiket 25 nomor, dengan 19 kategori nomor tanding dan enam Tunggal Ganda Regu (TGR) Seni.

Kategori penilaian untuk tanding, peserta saling berhadapan mengumpulkan nilai sesuai dengan aturan baku di bidang persilatan. Sementara untuk TGR Seni, penilaian dari segi estitika gerak, kekompakan dan katagori penilaian lainnya. “IPSI dalam seleksi ini menghadirkan wasit yang memiliki sertifikat baik ditingkat provinsi dan nasional. Sehingga akan menghasilkan atlet berbakat, berdedikasi tinggi untuk membawa nama Kota Bekasi menjadi yang terbaik diajang Popwilda Jabar kelak,” tandas Agung.

Untuk peserta, diambil dari kalangan pelajar berbagai sekolah dan perguruan di Kota Bekasi. Hanya saja dibatasi usianya tidak lebih dari 17 tahun. Dalam pertandingan peserta akan membawa nama sekolah dan perguruan.

Rahmat Malik, Ketua IPSI Kota Bekasi – Foto M Amin

Ketua IPSI Kota Bekasi, Rahmat Malik, mengatakan peserta yang dinyatakan lolos seleksi akan langsung mendapat binaan lebih lanjut dari IPSI Kota Bekasi. Sehingga mereka bisa lebih siap untuk menjuarai ajang Popwilda Jabar. “Sarana ini, adalah memunculkan mutiara yang terpendam di Kota Bekasi, bahwa IPSI harus memunculkan atlet asli Kota Bekasi di Popwilda Jabar pada Juli mendatang, Inshaallah akan menggusur peserta dari daerah lain untuk kategori silat,” tegasnya.

Seleksi dilaksanakan untuk memunculkan atlet daerah, dengan mengundang seluruh perguruan se-Kota Bekasi. Peserta khususnya atlet silat yang diajukan Kota Bekasi pada Popwilda Jabar 2019 nanti, murni atlet milik daerah. “Optimis menang, dan menjadi juara umum di kategori Silat pada ajang Popwilda nanti,” ungkap Rahmat Malik.

Wilayah Kota Bekasi, termasuk daerah kualifikasi yang ditakutkan di wilayah Jabar. Karena perguruan pencaksilat di Kota Patriot jumlahnya terbanyak, jika dibandingkan dengan daerah lain di Provinsi Jabar.

Lihat juga...